Bank Jatim Proyeksi Pemisahan UUS Rampung Akhir 2017

Rabu, 19 Juli 2017 - 06:33 WIB
Bank Jatim Proyeksi Pemisahan UUS Rampung Akhir 2017
Bank Jatim Proyeksi Pemisahan UUS Rampung Akhir 2017
A A A
JAKARTA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM) atau Bank Jatim memproyeksikan proses pemisahan Unit Usaha Syariah (UUS) menjadi Bank Umum Syariah bakal rampung pada akhir tahun ini.

(Baca Juga: Laba Bersih Bank Jatim Tumbuh 31,5%)

Padahal, pada April 2017 perseroan tengah menunggu izin prinsip dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan proses akuisisinya sendiri ditargetkan rampung pada kuartal dua tahun ini.

Direktur Keuangan Bank Jatim Ferdian Timur mengatakan, proses spin off unit usaha syariah terkendala kinerja bisnis syariahnya sendiri. Regulator dalam hal ini OJK meminta rasio return of earning (ROE) bisnis syariah Bank Jatim lebih besar dari capaian saat ini.

Hal tersebut dikarenakan injeksi modal yang bakal diterima bisnis syariah perseroan juga cukup besar, yakni mencapai Rp500 miliar. (Baca Juga: Bank Jatim Angkat Dua Direktur Baru)

"Karena itu, perseroan memundurkan realisasi pemisahan bisnis syariahnya menjadi akhir tahun ini untuk memberikan waktu pertumbuhan yang diharapkan," ujarnya di Jakarta, Selasa (18/7/2017).

Hingga Juni tahun ini, laba bersih yang dihasilkan dari bisnis syariah perseroan baru mencapai Rp4 hingga Rp5 miliar. Pada September tahun ini perseroan akan kembali mengajukan izin ke regulator terkait pemisahan unit usaha syariah.

"Perseroan juga akan kembali menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Desember untuk kembali mendapatkan persetujuan dari pemegang saham. Sehingga bisnis syariah perusahaan pada awa tahun depan sudah dapat beroperasi secara penuh dengan menyandang status sebagai perusahaan terbatas," terang Ferdian.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6416 seconds (0.1#10.140)