Uji Coba Bahan Bakar Avtur Pakai Campuran Sawit Sudah Rampung, Begini Hasilnya

Selasa, 10 Oktober 2023 - 12:18 WIB
loading...
Uji Coba Bahan Bakar Avtur Pakai Campuran Sawit Sudah Rampung, Begini Hasilnya
Garuda Indonesia dan Pertamina telah merampungkan proses uji coba bioavtur yang termasuk dalam klasifikasi Sustainable Aviation Fuel (SAF) berbasis bahan bakar nabati. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk, dan PT Pertamina (Persero) telah merampungkan proses uji coba bioavtur yang termasuk dalam klasifikasi Sustainable Aviation Fuel (SAF) berbasis bahan bakar nabati . Sumber energi bersih ini memiliki kandungan minyak inti kelapa sawit (J2.4) yang digunakan pada pesawat penerbangan komersial.



Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan, rampungnya rangkaian uji coba bioavtur J2.4 ditandai dengan diselesaikannya uji terbang pada armada B737-800NG PK -GFX dengan mesin pesawat CFM56-7B.

Adapun uji coba penerbangan dilakukan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) menuju Area Pelabuhan Ratu Airspace, pada Rabu (4/10/2023). Pada hari yang sama, uji coba bioavtur J2.4 tersebut juga telah melalui serangkaian prosedur engine ground run test dengan menggunakan armada yang sama di Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia.



Irfan menyampaikan rampungnya uji coba penggunaan bioavtur J2.4 menjadi komitmen Garuda Group mendukung berbagai inisiatif dekarbonisasi.

“Ini adalah milestone yang sudah kita tunggu-tunggu. Hal ini tentunya menjadi optimisme tersendiri bagi langkah kita bersama untuk merealisasikan mimpi besar kita mewujudkan green energy pada ekosistem aviasi Indonesia," ujar Irfan melalui keterangan pers, Selasa (10/10/2023).

Sebelumnya, maskapai penerbangan bersandi saham GIAA itu sudah melakukan uji statis yang telah dilaksanakan pada akhir Juli dengan menggunakan komponen mesin pesawat CFM56-7B.

Melalui berbagai rangkaian uji coba tersebut, Tim Peneliti PT LAPI ITB bersama stakeholder terkait menyampaikan hasil yang positif bahwa SAF dengan jenis Bioavtur J2.4 pada tipe pesawat Boeing 737-800 menunjukkan respon pesawat baik dan terkendali.

Dengan hasil baik Garuda Indonesia bersama sama dengan Pertamina siap melanjutkan sinergi BUMN ke tahap selanjutnya yaitu rencana penggunaan SAF dalam penerbangan komersial Garuda Indonesia.

“Setelah melewati seluruh rangkaian uji penggunaan SAF, kiranya ke depannya misi kita bersama untuk menorehkan sejarah baru dalam industri aviasi nasional dapat terealisasi melalui langkah penerapan SAF pada penerbangan komersial Indonesia," katanya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)