PT Pos Indonesia Regional 4 Gelar Filateli Kreatif Tema Jakarta

Minggu, 23 Juli 2017 - 08:50 WIB
PT Pos Indonesia Regional 4 Gelar Filateli Kreatif Tema Jakarta
PT Pos Indonesia Regional 4 Gelar Filateli Kreatif Tema Jakarta
A A A
JAKARTA - PT Pos Indonesia Regional 4 Jakarta dan Banten menggelar Jakarta Stamp Show dengan tema Bersama Filateli Jakarta Dambaan Hati (Damai, Aman, Hijau dan Tertib). Kegiatan filateli edukatif ini berlangsung di Atuditorium Prangko kantor Regional 4 Jakarta, diikuti ratusan siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Jabodetabek, Banten dan Bandung Jawa Barat.

Kegiatan yang digagas oleh Kantor Filateli Jakarta dan Komunitas Filateli Kreatif Indonesia (KOFKI) tersebut dalam rangka HUT DKI Jakarta ke-490. "Seharusnya kami mengadakan acara ini bertepatan dengan HUT DKI Jakarta (22 Juni), tapi karena pada saat itu masih bulan puasa makanya kami mundurkan menjadi hari ini," ujar Kepala Kantor Filateli Jakarta, Ida Nurhayati dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/7/2017).

Ida menjelaskan kegiatan filateli edukatif ini digelar untuk memperkenalkan dan memberikan informasi serta edukasi kepada siswa dan guru-guru bahwa prangko tema Jakarta dan juga tema lainnya bisa dijadikan sebagai alat peraga dalam proses belajar mengajar di sekolah terutama untuk bidang bahasa Indonesia, biologi dan sejarah.

"Kami berharap melalui kegiatan filateli edukatif ini anak-anak lebih mengenal prangko sebagai bagian dari alat peraga dalam belajar, selain fungsi prangko untuk mengiriman surat tentunya," jelas wanita berhijab ini.

Dia mengatakan, dalam HUT DKI Jakarta, pihaknya juga telah menyiapkan kartu pos berisi harapan kepada Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dalam membangun ibu kota Indonesia kedepannya. Berbagai goresan tangan buah karya para pelajar itu berkesan mendalam, ada yang memberikan doa, mengkritik jalan macet bahkan sampai berharap pemprov DKI membrantas begal.

"Kami menyiapkan kartu pos yang ditulis tangan oleh para murid SD dan SMP dari Jabodetabek, Banten dan Bandung yang berisi harapan dan doa kepada Gubernur DKI Jakarta Bapak Djarot Sieful Hidayat dalam memimpin Jakarta. Semoga pak Gubernur berkenan menerimanya," tambah Ida.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum KOFKI Muhammad Rizal berharap Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dapat menjadikan Jakarta Stamp Show sebagai ajang tahunan dalam memeriahkan HUT DKI Jakarta. Pasalnya prangko adalah salah satu saksi sejarah kota Jakarta. Prangko memuat cerita tentang pembangunan ibukota dari dulu hingga masa yang akan datang.

"Kami berharap Jakarta Stamp Show ini akan menjadi ajang tahunan dalam HUT DKI Jakarta, bersanding dengan pagelaran mobil hias atau Jakarta Great Sale dan kegiatan lainnya yang di-support oleh Pemprov DKI Jakarta untuk memeriahkan hari Jadi," kata Rizal.

Selain pameran prangko tentang tema Jakarta mulai dari Monumen Nasional, Taman Mini Indoneisa, Indah, Taman Impian Jaya Ancol, Kebun Binatang Ragunan, Kota Tua, Jakarta Stamp Show juga menyajikan berbagai lomba menyusun filateli bertema kota Jakarta dan juga kegiatan edukasi lainnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9230 seconds (0.1#10.140)