Tips MotionTrade: Kenalan dengan 5 Periode Waktu dalam Initial Public Offering

Rabu, 11 Oktober 2023 - 15:16 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Kenalan dengan 5 Periode Waktu dalam Initial Public Offering
Investor perlu memahami tahapan dan jadwal penawaran yang mempengaruhi harga final dari saham yang akan melangsungkan IPO. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.

Initial Public Offering (IPO) merupakan proses sebuah emiten menawarkan dan menjual efek yang diterbitkan dalam bentuk saham kepada masyarakat. Dengan berkembangnya teknologi, Bursa Efek Indonesia menyediakan sarana penawaran IPO melalui platform digital Electronic Indonesia Public Offering (E-IPO) yang dapat dipesan melalui perusahaan sekuritas yang telah memiliki fitur E-IPO, salah satunya MNC Sekuritas. Adanya akses E-IPO ini menjadi kesempatan bagi investor untuk berpartisipasi dalam penawaran saham perdana.



Investor perlu memahami tahapan dan jadwal penawaran yang mempengaruhi harga final dari saham yang akan melangsungkan IPO. MotionTrade telah merangkum 5 masa tahapan proses Penawaran Umum saham perdana yang harus dipahami oleh investor, yaitu:

1. Masa Penawaran Awal (Book building)
Masa penawaran awal adalah masa awal investor dapat menyampaikan minat atas suatu saham yang sedang melakukan IPO dalam rentang harga tertentu. Harga masih berupa kisaran sehingga Anda bisa mengisi harga saham sesuai keinginan dalam rentang harga saham yang telah ditentukan.

2. Masa Penawaran Umum (Offering)
Setelah masa book building berakhir, jadwal berikutnya adalah masa penawaran umum. Jika harga pesanan Anda pada masa book building lebih rendah daripada harga saham yang telah ditetapkan di masa penawaran umum, maka pesanan Anda akan dibatalkan. Jika harga pesanan Anda lebih tinggi, maka pesanan akan dilanjutkan dan harga pesanan kamu akan disesuaikan dengan harga penawaran umum.

3. Penjatahan
Penjatahan saham merupakan kondisi yang terjadi ketika terjadi ketidaksesuaian jumlah order dengan saham yang tersedia. Ada berbagai kemungkinan yang terjadi pada tahap ini. Investor mendapatkan seluruh order sahamnya, atau investor hanya mendapatkan sebagian order sahamnya, atau investor tidak mendapatkan penjatahan sama sekali.

4. Distribusi
Pada tahap ini, emiten telah melakukan distribusi saham pesanan ke rekening saham investor sesuai dengan hasil penjatahan. Distribusi ini dilakukan oleh Kustodian Sentral Efek Indonesia ke rekening saham secara elektronik.

5. Pencatatan di Bursa Efek Indonesia (Listing)
Listing merupakan hari di mana saham suatu emiten terdaftar secara resmi di Bursa Efek Indonesia. Saat suatu saham sudah listing, maka investor dapat mentransaksikan saham tersebut sesuai mekanisme yang berlaku di pasar.



Apabila Anda tertarik untuk mengikuti IPO, MotionTrade memiliki fitur E-IPO yang dapat Anda akses untuk mengetahui jadwal perusahaan yang sedang dan akan melakukan IPO. Menu ini dapat membantu Anda melakukan pemesanan dan pembayaran yang lebih cepat dan efisien. Jangan lewatkan masa penawaran awal saham perdana dari PT Agro Bahari Nusantara Tbk ("UDNG”). Masa penawaran awal berlangsung hingga tanggal 12 Oktober 2023. Informasi dan jadwal selengkapnya dapat Anda akses melalui bit.ly/udngipo .

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

#MNCSekuritas #MotionTrade #MotionTradeDuluAja #GampangBeliSaham #GampangbeliReksadana #YukInvestasiYuk
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)