Tips MotionTrade: 5 Status Order Saham di MotionTrade

Rabu, 23 Agustus 2023 - 11:59 WIB
loading...
Tips MotionTrade: 5 Status Order Saham di MotionTrade
Ada beberapa status order saham di MotionTrade. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.



Untuk bertransaksi di pasar saham, investor maupun trader harus memasukkan order beli atau jual atas saham yang diinginkan dengan jumlah sesuai keinginan. Order pembelian atau penjualan kini semakin mudah dilakukan secara online melalui aplikasi MotionTrade.

Berikut ini merupakan lima status order di aplikasi MotionTrade yang perlu Anda pahami:

1. Reject
Jika status order yang tertera adalah Reject, artinya order Anda ditolak. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya order dilakukan di luar jam perdagangan atau bisa juga karena transaksi dilakukan di luar batas auto rejection yang ditetapkan oleh Bursa Efek Indonesia.

2. Open
Jika status order Anda tertera Open, maka order Anda masih dalam antrean dan belum match. Anda masih dapat mengubah dan membatalkan order yang statusnya masih Open selama jam perdagangan berlangsung.

3. Matched
Status order Matched terjadi saat Anda melakukan pembelian (bid) dengan harga tertentu yang memiliki kecocokan dengan investor lain yang melakukan penjualan (ask) dengan harga yang sama. Sebagai contoh, Anda melakukan pembelian 5 lot saham ABCD dengan harga 300 (bid), sementara investor lain di pasar ingin menjual 5 lot saham XYZ dengan harga 300 (ask). Karena ada kecocokan antara permintaan pembelian dan penjualan, maka statusnya menjadi Matched.

4. Amend
Amend atau mengubah order hanya dapat dilakukan apabila order Anda masih berstatus Open. Pada saat Anda mengubah rincian pemesanan saham, misalnya jumlah lot atau harga order, maka statusnya akan berganti menjadi Amending, dan sistem sedang mengirimkan informasi pengubahan saham ke BEI. Status Amending akan berubah menjadi Amended jika proses perubahan telah berhasil dilakukan.

5. Withdraw
Status Withdrawing terjadi ketika Anda melakukan pembatalan terhadap order yang berstatus Open. Order dengan status Open hingga penutupan bursa akan secara otomatis berubah menjadi Withdrawn. Status Withdrawn berarti pemesanan telah berhasil ditarik.



Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)