Jelang MotoGP Mandalika, 30 Jet Pribadi Bakal Padati Bandara Lombok

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 12:10 WIB
loading...
Jelang MotoGP Mandalika, 30 Jet Pribadi Bakal Padati Bandara Lombok
Jet pribadi bakal padati Bandara Lombok. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia mencatat setidaknya ada 30 jet pribadi yang siap landing di Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid Lombok, jelang perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandilika 14 -15 Oktober.



General Manager (GM) AirNav Lombok, Kiki Adrian, mengatakan penambahan jumlah penerbangan itu tercatat sudah melakukan pendaftaran ke AirNav Lombok sejak tanggal 11 hingga 13 Oktober hari ini.

"Private jet ada beberapa dari perusahan yang khusus untuk menonton ajang balapan, mungkin ada sekitar 30-an," ujar Kiki di Kantor Cabang AirNav Lombok, Jumat (13/10/2023).

Lebih lanjut, Kiki menjelaskan mayoritas penerbangan jet pribadi itu berasal dari Jakarta, tepatnya Bandara Halim Perdana Kusuma. Tercatat juga akan ada penerbangan jet pribadi dari bandara di Singapura.

"Kalau private jet dari halim, ada juga dari Singapura. Jika dibandingkan dengan tahun kemarin kondisinya antusiasmenya tidak jauh berbeda," kata Kiki.

Dalam mendukung perhelatan MotoGP Mandilika 2023, AirNav Lombok sudah melakukan beberapa persiapan. Mulai dari pengaturan lalu lintas penerbangan, penyiapan sumber daya manusia, dan beberapa prosedur keselamatan penerbangan.

"Kami sudah mereservasi ruang udara di atas Mandalika, sehingga terjamin keamanan aktivitas ruang udara, itu bisa digunakan untuk keadaan emergency, evakuasi, memantau drone, dan memantau balon terhabat," kata Kiki.



Nantinya apabila ada keadaan darurat di sirkuit seperti kecelakaan bagi pembalap, atau keadaan darurat medis lainnya bisa langsung menggunakan jalur udara khusus untuk helikopter langsung menuju RSUD Provinsi NTB. Bahkan ketika sedang ada penerbangan komersial yang melintas di ruang udara AirNav Lombok akan lebih dahulu dialihkan untuk mengutamakan helikopter darurat tersebut.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4278 seconds (0.1#10.140)