Ditanya Soal Merek Rice Cooker, Menteri ESDM: Makanya Lu Jadi Tukang Kompor Aja

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 18:38 WIB
loading...
Ditanya Soal Merek Rice Cooker, Menteri ESDM: Makanya Lu Jadi Tukang Kompor Aja
Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut kriteria merek rice cooker yang akan dibagikan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri ESDM Arifin Tasrif menyebut nama Maspion ketika ditanya perihal merek 500 ribu unit rice cooker yang akan dibagikan tahun ini. Nama merek itu muncul karena dinilai merupakan produk yang punya kandungan dalam negeri sangat besar.



Arifin memastikan bahwa merek rice cooker yang akan dibagikan tersebut memiliki tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) semaksimal mungkin.

"Ya semaksimal (TKDN) mungkin, kan banyak yang bisa bikin. (Apa saja?) ya tukang bikin itu apa aja coba lihat, kan banyak mesin-mesin kompor itu. Maspion, terus apa lagi, nasional ya. Makanya lu jadi tukang kompor aja udah," terang Arifin, saat ditemui di kantornya, Jumat (13/10/2023).

Arifin juga optimistis bahwa penyaluran 500 ribu unit rice cooker itu tetap bisa terlaksana tahun ini walau hanya tersisa dua bulan lagi.

"Ya kita memang tinggal nyelesain saja, cuma kan kita lihat nanti governance-nya gimana untuk penyampaiannya," ungkap Arifin.

Dalam kesempatan yang sama, Arifin juga menegaskan bahwa pembagian 500 ribu unit rice cooker kepada masyarakat yang akan dilakukan tahun ini itu utamanya untuk menekan impor liquefied petroleum gas (LPG).

Makanya, Arifin pun menepis anggapan yang menyatakan bahwa bagi-bagi rice cooker ini merupakan tindakan yang mubazir. Sebab, saat ini ada sekitar 60 juta rumah tangga yang masih menggunakan gas melon tersebut.



"Tidak (mubazir) dong, karena kalau tidak dicoba gimana? Kalau tidak dipakai, kita mau impor LPG terus? Ada yang suka impor LPG memang," jelas Arifin.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)