Sri Mulyani Tekankan Tiga Isu Penting Pertemuan G20 di Maroko

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 21:59 WIB
loading...
Sri Mulyani Tekankan Tiga Isu Penting Pertemuan G20 di Maroko
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO/Antara Photo
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menghadiri pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral G20 di Maroko. Mereka duduk bersama dan membahas isu global.

"Kemarin, saya menghadiri Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (FMCBG) ke-4 dari Presidensi India," ujar Menkeu Sri Mulyani Indrawati melalui akun Instagram resminya @smindrawati di Maroko, Jumat (13/10/2023).



Diskusi sesi pertama yang dibahas dalam working dinner tersebut membahas mengenai Multilateral Development Banks (MDB). MDB memiliki tiga fungsi penting, yaitu pendanaan, pengetahuan, serta menyelenggarakan pertemuan.

"Saya sampaikan, jika bicara mengenai penguatan MDB ini, reform yang dibutuhkan tidak hanya dalam konsep maupun model bisnisnya, namun juga mengenai staf dan juga bagaimana organisasi dikelola. Area ini masih belum benar-benar dibahas utamanya mengenai bagaimana cara mengukur dampak dan hasil melalui key performance Indicators (KPI)," ungkap Sri.

Selain itu, dia mengingatkan, jika bicara mengenai pembiayaan, baik lunak maupun tidak lunak, MDB harus berhati-hati. Terlebih di situasi banyak negara klien yang keadaan fiskalnya tidak sehat. Hal tersebut penting diperhatikan untuk memastikan keberlanjutan fiskal dan hutang supaya MDB tetap memiliki permintaan yang baik dan masuk akal.



"Sesuai dengan target G20 Independent Expert Group (IEG), saya harap MDB dapat terus tumbuh lebih baik, lebih berani, dan lebih besar. Saya juga dorong G20 untuk terus menyiapkan kerangka regulasi terkait pembiayaan ini," pungkas Sri.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1012 seconds (0.1#10.140)