Injak Gas Majukan UMKM, Penyaluran KUR Mandiri Tembus Rp20,52 Triliun

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 07:20 WIB
loading...
Injak Gas Majukan UMKM, Penyaluran KUR Mandiri Tembus Rp20,52 Triliun
Penyaluran KUR Bank Mandiri capai 42,76% dari target. Foto/Dok
A A A
TOBA - Bank Mandiri optimistis momentum pertumbuhan akan terus berlanjut. Dalam mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi, Bank Mandiri semakin aktif mendorong penyaluran kredit usaha rakyat ( KUR ) kepada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).



SVP Micro Development & Agent Banking Bank Mandiri Ashraf Farahnaz, mengatakan sampai dengan akhir Agustus 2023 Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp20,52 triliun kepada lebih dari 195 ribu debitur di seluruh Indonesia.

“Penyaluran KUR merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor UMKM,” ujarnya di Toba, Sumatra Utara, Jumat (13/10/23).

Ashraf menilai, selaras dengan komitmen pemerintah, Bank Mandiri optimistis sektor UMKM punya peluang besar untuk tumbuh. Pertumbuhan UMKM nantinya akan berdampak pada perekonomian nasional.

“Kami berharap dengan adanya KUR, para pelaku UMKM dapat memperluas usahanya, meningkatkan omzetnya, dan menciptakan lapangan kerja baru. Kami juga terus melakukan pendampingan dan pelatihan kepada para debitur KUR agar mereka dapat mengelola usahanya dengan baik dan profesional,” ujarnya.

Penyaluran KUR Bank Mandiri 2023 telah mencapai 42,76% dari target KUR yang dialokasikan oleh pemerintah. Realisasi KUR yang masuk ke sektor produksi sebesar 62,07% atau Rp12,7, meningkat dari periode tahun sebelumnya yang 59,73%.

Salah satunya sektor pertanian yang menyumbang 32,59% KUR Bank Mandiri atau Rp6,87 triliun. Disusul sektor jasa produksi dan industri pengolahan yang masing-masing menyumbang 20,17% dan 7,33% dari total realisasi KUR perseroan.

“Fokus utama penyaluran KUR Bank Mandiri adalah sektor produktif unggulan di masing-masing wilayah, mulai dari pertanian, perikanan, industri pengolahan maupun jasa-jasa produksi yang didukung sinergi dari seluruh bisnis, koordinasi yang kuat di seluruh jaringan serta kerja sama strategis dengan perusahaan finansial maupun e-commerce,” paparnya.

Selain penyaluran KUR yang terus ditingkatkan, Bank Mandiri juga konsisten menjaga posisi rasio non performing loan (NPL) KUR berada di level terjaga. Tercatat sampai dengan Agustus 2023 rasio NPL KUR Bank Mandiri adalah 1,18%.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)