Ganjar Ajak Mahasiswa Kembangkan Ekonomi Hijau dan Biru, Apa Bedanya?

Selasa, 17 Oktober 2023 - 10:48 WIB
loading...
Ganjar Ajak Mahasiswa Kembangkan Ekonomi Hijau dan Biru, Apa Bedanya?
Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 mengajak mahasiswa untuk mengembangkan potensi ekonomi biru dan ekonomi hijau di Indonesia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 mengajak mahasiswa untuk mengembangkan potensi ekonomi biru dan ekonomi hijau di Indonesia. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Ganjar kepada 4000 mahasiswa ketika mengisi kuliah kebangsaan 'Kreativitas dan Produktvitas Generasi Muda Untuk Indonesia Emas 2045' di Universitas Negeri Malang (UNM), Malang, Jawa Timur, pada Senin (16/10/2023).

Pertama-tama, Ganjar mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan peluang ekonomi biru di Indonesia. Dengan hanya 2,8 persen kontribusi sektor kelautan dan perikanan terhadap PDB pada 2022 (berdasarkan data Kementerian Keuangan), Ganjar menekankan ada potensi besar dari 62 persen wilayah Indonesia yang merupakan laut supaya dapat dikelola oleh anak-anak muda. Potensi ini menurut mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut dapat dikelola melalui pengembangan sustainable fishery dengan memanfaatkan keahlian digital.



Kemudian, terkait dengan ekonomi hijau. Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 menyoroti peluang yang terbuka melalui diadopsinya green energy. Data dari International Renewable Energy Agency menunjukkan bahwa sektor ini dapat menciptakan 12 juta pekerjaan baru per tahun.

Ganjar mendorong para mahasiswa untuk memanfaatkan peluang ini dan menyatakan bahwa lapangan pekerjaan akan semakin melimpah. Ayah dari Alam Ganjar tersebut juga mengajak para mahasiswa untuk tidak takut terlibat aktif dalam upaya menjaga lingkungan.

Pentingnya ekonomi hijau dan biru bagi anak-anak muda Indonesia sangatlah penting. Seperti dengan apa yang diutarakan oleh Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 yakni kedua sektor ini tidak hanya memberikan peluang ekonomi yang luas, tetapi juga memainkan peran krusial dalam menjaga keberlanjutan lingkungan. Dengan fokus pada pengembangan energi terbarukan, pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan, dan pemanfaatan teknologi modern, anak-anak muda Indonesia seperti mahasiswa dapat berperan aktif dalam menciptakan lapangan kerja baru, memperkuat ketahanan pangan, serta memastikan konservasi lingkungan yang berkelanjutan bagi generasi mendatang.

Perbedaan Ekonomi Biru & Ekonomi Hijau

Ekonomi hijau dan biru adalah konsep yang bertujuan untuk mewujudkan keberlanjutan dan kesetaraan di dunia. Ekonomi hijau bertumpu pada pengelolaan sumber daya alam di daratan, dengan fokus pada pengurangan emisi karbon, efisiensi energi, serta perlindungan keanekaragaman hayati. Sementara itu, ekonomi biru berfokus pada keberlanjutan ekonomi yang terkait dengan lautan dan sumber daya air, melalui pemanfaatan yang berkelanjutan dan pengelolaan yang efisien untuk memastikan kelestarian ekosistem laut dan pesisir.

Dalam praktiknya, ekonomi hijau menitikberatkan pada pengelolaan sumber daya alam di daratan, sementara ekonomi biru berfokus pada ekonomi yang terkait dengan lautan dan perairan. Ekonomi hijau bertujuan untuk memastikan penggunaan yang berkelanjutan dari sumber daya alam daratan, dengan penekanan pada pengurangan emisi karbon dan efisiensi energi. Sebaliknya, ekonomi biru berusaha menjaga keberlanjutan ekonomi yang berkaitan dengan lautan, melalui pemanfaatan sumber daya air yang berkelanjutan, pengelolaan yang efisien, dan pelestarian lingkungan laut.



Kesimpulannya, meskipun memiliki tujuan akhir yang sama yaitu mewujudkan keberlanjutan dan kesetaraan, ekonomi hijau dan biru berbeda dalam lingkup dan fokusnya. Ekonomi hijau menitikberatkan pada pengelolaan sumber daya alam di daratan dan perlindungan keanekaragaman hayati, sementara ekonomi biru berfokus pada keberlanjutan ekonomi yang terkait dengan lautan dan perairan, dengan penekanan pada pelestarian ekosistem laut dan pesisir. Meskipun kedua berbeda, bagi Indonesia, semuanya penting untuk dikelola dan dikembangkan demi pemanfaatan ekonomi di masa depan seperti yang dilontarkan oleh Ganjar Pranowo Calon Presiden 2024 kepada mahasiswa di Malang.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1551 seconds (0.1#10.140)