Tarif Promo Kereta Cepat Jadi Rp150 Ribu, Pengamat Transportasi: Memang Harus Dijalankan

Rabu, 18 Oktober 2023 - 13:22 WIB
loading...
Tarif Promo Kereta Cepat Jadi Rp150 Ribu, Pengamat Transportasi: Memang Harus Dijalankan
Merespons tarif promo kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi sebesar Rp150 ribu, Ketua Bidang Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Aditya Dwi Laksana mengatakan, sudah seharusnya dilakukan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Merespons tarif promo kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi sebesar Rp150 ribu untuk kelas premium economy melalui aplikasi Whoosh , Ketua Bidang Perkeretaapian Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Aditya Dwi Laksana mengatakan, sudah seharusnya dilakukan.

Promo tersebut diberikan untuk keberangkatan 18 hingga 30 November 2023. Adapun tarif Rp150.000 untuk semua rute serta mendapatkan gratis KA Feeder dari dan menuju Stasiun Bandung. Aditya menerangkan, bahwa pemberian tarif promo pada awal pengoperasian moda transportasi komersial memang sudah seharusnya dilakukan.

Hal tersebut kata Aditya dilakukan untuk dapat menarik perhatian masyarakat agar mau beralih dari kendaraan pribadi kepada kendaraan umum.

"Saya rasa tarif promo ini memang harus dijalankan dulu ini soalnya sebagai tari transisi supaya masyarakat terbentuk dulu habitnya untuk mereka yang ingin menggunakan kereta cepat ," katanya dalam Market Review IDXChannel, Rabu (18/10/2023).



Aditya mengatakan bahwa jika promo operator langusng mengenakan tarif aselinya yakni Rp300.000 maka potensi masyarakat yang ingin beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum juga akan berkurang.

Terlebih tarif ini juga hampir sama dengan tarif KA Argo Parahyangan yang dibandrol Rp250.000 untuk kelas eksekutif yang sudah bisa langsung ke tujuan tanpa harus berpindah kereta.

Adapun ia mengingatkan kepada operator untuk dapat mengevaluasi terkait pemberian tarif promo apakah nantinya dapat diperpanjang dari sebelumnya penetapannya hingga akhir November 2023.

"Nanti semoga dievaluasi lagi terkait dengan berapa lama perpanjangan tarif ini apakah berakhir, di November seperti yang telah ditentukan atau diperpanjang hingga Desember. Catatan saya sebenarnya akuntansi penumpang selama 3 bulan pertama itu tidak bisa dijadikan patokan ya karena antusias masyarakat masih tinggi," katanya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi mengungkapkan, pihaknya memberlakukan tarif promo tiket Kereta Cepat Whoosh sebesar Rp150.0000 untuk kelas premium economy melalui aplikasi Whoosh.

Promo ini dihadirkan sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk mengurangi kemacetan dan polusi sebagai dampak tingginya penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya. Promo tersebut juga diberikan dalam rangka HUT KCIC yang ke-8 yang jatuh pada 16 Oktober 2023 serta mendorong penggunaan aplikasi mobile untuk pemesanan tiket khususnya Whoosh Kereta Cepat.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)