Pace, Mace, Papua Su Punya Kolam Renang Super-Mewah

Selasa, 04 Agustus 2020 - 21:10 WIB
loading...
Pace, Mace, Papua Su Punya Kolam Renang Super-Mewah
Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - PT Waskita Karya Tbk melalui Building Division telah menyelesaikan pembangunan Arena Aquatic Papua untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021. Venue berkelas internasional itu menelan nilai kontrak Rp401 miliar yang dibiayai dari APBN 2018-2020.

Pembangunan dimulai pada 7 Desember 2018 dan selesai pada 31 Agustus 2020. Setelah selesai dikerjakan, Arena Aquatic Papua melaksanakan Sertifikasi Venue sesuai dengan standar federasi renang internasional, Fédération Internationale de Natation, FINA Facility Rules pada 27 Juli 2020.

Selesai disertifikasi, Arena Aquatic Papua dinyatakan memenuhi standar olimpiade. Kegiatan sertifikasi meliputi pengecekan dan pengukuran dimensi kolam dengan metode random sampling yang dilakukan oleh Ketua Bidang Sertifikasi PB PRSI di dalam Pengawasan Konsultan Spesialis Federasi Renang Internasional (FINA) dari Spanyol melalui media video conference.

Berdasarkan hasil pengecekan dan pengukuran, disimpulkan bahwa field of play atau kolam tanding Arena Aquatic Papua besutan Waskita Karya ini telah sesuai dengan standar internasional yang ditetapkan oleh FINA.

Arena Aquatic Papua yang berlokasi di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, akan menjadi venue aquatic termegah di Indonesia bagian Timur. Waskita Karya membangun arena ini di atas lahan seluas 23.124 m2 dengan luas bangunan 17.733 m2, memiliki kapasitas spectator 1.722 seat.

Arena Aquatic Papua memiliki tiga arena bertanding atau field of play (FOP), yaitu kolam tanding (competition pool), dengan panjang 51,23 m, lebar 25 m dan kedalaman 3 m, kolam loncat indah (diving pool) dengan panjang 21 m, lebar 25 m dan kedalaman 5 m, dan kolam pemanasan (warm up pool), dengan panjang 50 m, lebar 21 m dan kedalaman 1 hingga 2 m. ( Baca juga:Nasdem Diwanti-wanti Soal Pilkada 2020 di Papua )

Arena Aquatic PON XX Papua 2020 dilengkapi dengan pencahayaan field of play yang mumpuni sebesar 1500 lux untuk kolam tanding dan kolam diving, sedangkan kolam pemanasan sebesar 600 lux. Selain itu, arena ini juga dilengkapi dengan fasilitas timing system, scoring board, sound system, tata udara, CCTV, solar panel, serta penataan kawasan untuk parkir, landscape dan bangunan penunjang lainnya.

Kolam pada Arena Aquatic PON XX Papua 2020 dilengkapi dengan sistem dan peralatan dengan teknologi yang canggih, seperti dinding kolam dari panel baja modular lalu dilapisi membran PVC liner agar terhindar dari risiko kebocoran untuk jangka waktu yang panjang. Kolam kompetisi dilengkapi dengan Automatic Moveable Bulkhead sehingga dapat dimanfaatkan untuk nomor pertandingan jarak pendek 25 m.

“Pembangunan Arena Aquatic PON XX Papua 2020 menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM), mencakup struktur, arsitektur, mekanikal, elektrikal sampai dengan landscape. Selain sebagai gambaran kebutuhan lapangan, penggunaan BIM juga dioptimalkan untuk memenuhi standar internasional yang ditetapkan oleh FINA,” kata Hapsak Panca Pamungkas, Project Manager Proyek Pembangunan Arena Aquatic Papua, dalam keterangan terulisnya (4/8/2020).
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2018 seconds (0.1#10.140)