Masuk Tahun Politik, Investasi Asing Terus Mengalir ke RI hingga Rp559,6 Triliun

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 14:03 WIB
loading...
Masuk Tahun Politik, Investasi Asing Terus Mengalir ke RI hingga Rp559,6 Triliun
Bahlil Lahadalia menyatakan, pertama kali dalam sejarah Indonesia meskipun memasuki tahun politik, tetapi investor global tetap menaruh kepercayaan untuk menanamkan modalnya di Tanah Air. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia menyatakan, pertama kali dalam sejarah Indonesia meskipun memasuki tahun politik , tetapi investor global tetap menaruh kepercayaan untuk menanamkan modalnya di Tanah Air.

"Ini mungkin dalam sejarah bangsa kita, bahwa sekalipun kita sekarang masuk dalam tahun politik, tapi global itu menaruh perhatian dan kepercayaan yang sangat luar biasa. Ditandai dengan realisasi investasi ini," ucap Bahlil dalam konferensi pers Realisasi Investasi Triwulan III Tahun 2023 di Kementerian Investasi/BKPM, Jakarta, Jumat (20/10/2023).



Kementerian Investasi/BKPM mencatat, realisasi investasi sejak Januari hingga September 2023 adalah sebesar Rp1.053 atau sekitar 75,2% dari target Rp1.400 triliun.

Adapun realisasi investasi dari penanaman modal asing (PMA) pada Januari-September 2023 tercatat Rp559,6 triliun atau 53,1%. Dan investasi dari penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp493,5 triliun atau 46,9%.

"Jadi kalau ada orang mengatakan di tahun politik terjadi wait and see itu biasa, tapi ini yang terjadi bukan wait and see, tapi mereka malah agresif untuk bagaimana merealisasikan investasi yang telah mereka komitmenkan. Jadi stabilitas ekonomi kita cukup baik meskipun di tahun politik," ujarnya.

Bahlil berharap, ke depan Indonesia bisa melewati tahun 2023 dengan baik meskipun ada dinamika-dinamika politik yang terjadi. "Presiden Jokowi mengatakan bahwa boleh di tahun politik tapi kalau boleh politiknya jangan terlalu panas, anget-anget aja, dan kelihatannya ini bisa anget-anget panas," terang Bahlil.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)