Harga Minyak Dunia Melonjak Imbas Pelemahan USD

Sabtu, 19 Agustus 2017 - 11:00 WIB
Harga Minyak Dunia Melonjak Imbas Pelemahan USD
Harga Minyak Dunia Melonjak Imbas Pelemahan USD
A A A
NEW YORK - Harga minyak dunia naik tajam, karena dolar Amerika Serikat (USD) melemah dan pengebor AS memotong rig, memberikan sebuah kenaiakn yang mendorong patokan global minyak mentah Brent ke kenaikan mingguan. Sementara, harga minyak mentah AS hampir mendatar pada pekan ini.

Seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (19/8/2017), harga minyak AS, West Texas Intermediate (WTI)untuk pengiriman September naik USD1,42 menjadi USD48,51 per barel, atau mengalami kenaikan 3%. Harga minyak brent untuk pengiriman Oktober juga naik naik USD1,69 menjadi USD52,72 per barel, atau naik 3,3%.

Harga minyak mentah brent dan AS keduanya telah menuju penurunan mingguan lebih dari 2%. Namun, kenaikan tajam ini membuat brent mendapat kenaikan mingguan 1,5% dan minyak mentah AS mengakhiri pekan ini hampir mendatar, atau turun tipis 0,3%.

Perusahaan energi AS memotong rig minyak untuk pekan kedua, perusahaan jasa energi Baker Hughes melaporkan, dengan drillers memotong rencana pengeluaran sebagai reaksi terhadap penurunan harga minyak mentah.

Baker Hughes mengatakan, drillers memotong lima rig minyak dalam pekan sampai 18 Agustus, sehingga jumlah totalnya turun menjadi 763. Awal pekan ini, data pemerintah menunjukkan bahwa produksi minyak mentah di AS masih meningkat.

Tariq Zahir, anggota pendiri di Tyche Capital Advisors memperingatkan bahwa meski terjadi kenaikan kemarin, fundamental untuk minyak tetap bearish karena mendekati akhir musim berkendara AS.

"Pertanyaan utamanya adalah apakah kita akan terus melihat jenis persediaan menarik yang mungkin menunjukkan keseimbangan permintaan pasokan semakin ketat dalam beberapa pekan ke depan," kata Gene McGillian, direktur riset pasar di Tradition Energy.

Ekspor minyak mentah Nigeria diperkirakan akan turun menjadi 1,72 juta barel per hari (bpd) pada Oktober. Tanda-tanda kekesalan pasokan sudah mulai muncul di AS, konsumen minyak terbesar di dunia.

Meskipun mengalami lonjakan 13%, produksi C-OUT-T-EIA sejak pertengahan 2016 sampai 9,5 juta barel per hari, persediaan minyak mentah nasional C-STK-T-EIA turun 13% dari catatan Maret mereka di bawah tingkat 2016.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7506 seconds (0.1#10.140)