Agro Bahari Nusantara Dorong Budidaya Udang Penuhi Kebutuhan Pangan Nasional

Selasa, 24 Oktober 2023 - 16:00 WIB
loading...
Agro Bahari Nusantara Dorong Budidaya Udang Penuhi Kebutuhan Pangan Nasional
Agro Bahari Nusantara (UDNG) melaksanakan IPO dan telah resmi memulai masa offering pada 23-27 Oktober 2023. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan. Sejalan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas menyediakan layanan sekuritas lengkap, termasuk membantu dan mendampingi klien dalam pendanaan pasar modal, misalnya melalui Initial Public Offering (IPO).

PT Agro Bahari Nusantara Tbk (UDNG) yang merupakan salah satu pemain budidaya udang khususnya udang vannamei (Litopenaeus Vannamei), segera membentangkan sayapnya di tahun 2023 ini. UDNG berdiri sejak 2019 dan saat ini telah berkembang dengan memiliki 14 kolam tambak yang berada di Bangka Belitung. Manajemen UDNG memiliki keyakinan bahwa budidaya udang vannamei sebagai salah satu jenis udang yang paling diminati di pasar global, memiliki prospek ekonomi yang tinggi sejalan dengan meningkatnya kebutuhan dunia, sedangkan angka produksi saat ini masih terbatas dan tidak dapat mencukupi seluruh permintaan global.



Pendiri dan Direktur Utama UDNG Vincent Lukito mengatakan bahwa seluruh Pemegang saham Pengendali dan manajemen Perseroan memiliki komitmen tinggi dalam perkembangan usaha Perseroan untuk selalu memaksimalkan profitabilitas dan memberi manfaat kepada seluruh pemegang saham dan pemangku kepentingan Perseroan. Langkah komitmen tersebut diwujudkan dalam melakukan ekspansi kolam budidaya melalui Perusahaan Anak PT Marina Bahari Sentosa (MBS).

“Kami berharap untuk menjunjung tinggi kepercayaan publik yang diberikan kepada kami untuk selalu mengambil keputusan kegiatan usaha yang memberi manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan Perseroan,” ungkap Vincent Lukito.

Perseroan memiliki komitmen yang kuat terhadap peningkatan kualitas produk dan keberlanjutan lingkungan (ESG) serta terus berupaya untuk mengembangkan usahanya dan dapat membantu mencukupi kebutuhan pangan nasional serta kebutuhan ekspor. Selain itu, Perseroan terus mengembangkan sistem teknologi dalam budidaya Udang Vannamei untuk menghasilkan angka produksi yang signifikan.

Untuk mendukung ekspansi, UDNG pada tahun ini melaksanakan Penawaran Umum Saham Perdana atau IPO, dan telah resmi memulai masa Penawaran Umum saham perdana (offering) pada 23-27 Oktober 2023. Perseroan menawarkan sebanyak 500.000.000 saham Baru atau setara dengan 28,57% dari modal disetor setelah IPO yang ditawarkan pada harga sebesar Rp100,- per saham, dengan target dana yang terkumpul sebesar Rp50.000.000.000,-. UDNG juga menerbitkan sebanyak 400 juta Waran Seri I dengan rasio setiap pemegang 5 saham baru berhak memperoleh 4 Waran Seri I dengan harga pelaksanaan sebesar Rp105 per saham.

Dana hasil IPO tersebut sebagian besar rencananya akan digunakan untuk ekspansi bisnis dengan membangun tambak udang baru melalui perusahaan anak yaitu MBS dalam bentuk penyetoran modal yang kemudian akan digunakan untuk belanja modal guna memenuhi kebutuhan pembangunan tambak baru di daerah Kepulauan Bangka Belitung. Dalam IPO ini, UDNG resmi menunjuk PT MNC Sekuritas dan PT Korea Investment & Sekuritas Indonesia sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Ekspansi dan langkah strategis ini bukan hanya merupakan tonggak bersejarah bagi UDNG, namun juga merupakan langkah maju dalam memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri budidaya tambak udang di Indonesia. Dengan menghadirkan inovasi dan kualitas terbaik dalam bisnisnya, UDNG siap menjadi mitra utama bagi masyarakat lokal dan para pemangku kepentingan untuk memajukan industri budidaya udang berkelanjutan di Indonesia.

Direktur Investment Banking MNC Sekuritas Hary Herdiyanto menyampaikan bahwa UDNG memiliki potensi pertumbuhan yang sangat baik karena berada pada sektor pangan, sektor yang dikenal secara konsisten mampu selalu mencatat pertumbuhan.

“Indonesia sebagai negara tempat UDNG beroperasi khususnya memiliki dua keunggulan, dimana dari sisi populasi, populasi Indonesia terbilang cukup besar dan masih terus bertumbuh, selain itu, dari sisi daya beli masyarakat, Indonesia terus mampu mencatat peningkatan daya beli yang terlihat dari GDP per kapita masyarakat,” ujar Hary.



Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1774 seconds (0.1#10.140)