5 Fakta George Soros, Miliarder Yahudi yang Sering Dianggap Dalang Krisis Moneter

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 11:48 WIB
loading...
5 Fakta George Soros, Miliarder Yahudi yang Sering Dianggap Dalang Krisis Moneter
George Soros adalah miliarder keturunan Yahudi yang kerap dianggap sebagai dalang krisis moneter. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - George Soros adalah seorang pebisnis dan filantropi asal Amerika Serikat. Dia merupakan miliarder keturunan Yahudi.

Nama besar Soros sering kali dikaitkan dengan berbagai isu global, baik itu dalam konteks investasi maupun filantropi. Dia kerap dianggap sebagai dalang krisis moneter di berbagai belahan bumi.

George Soros lahir pada 12 Agustus 1930 di Budapest, Hongaria. Soros dikenal luas karena perannya dalam dunia keuangan, terutama sebagai seorang spekulan mata uang dan hedge fund manager.

Lantas, siapa sosok George Soros? Berikut 5 fakta tentang George Soros.

Fakta George Soros


1. Pemilik Soros Fund Management


George Soros adalah pemilik Soros Fund Management, sebuah perusahaan investasi swasta yang dikenal luas. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 dan telah menjadi salah satu pemain besar dalam dunia keuangan.



Soros Fund Management mengelola aset yang sangat besar. George Soros sendiri telah berhasil mengumpulkan kekayaan yang signifikan melalui investasi.

Dia merupakan seorang kapitalis radikal yang juga memiliki perusahaan hedge fund dengan nama Quantum fund yang pernah tercatat menghasilkan return tahunan sebesar 35% selama 25 tahun.

Karena terkenal andal dalam melakukan trade, George Soros masuk ke dalam jajaran orang terkaya di Amerika Serikat tepatnya di urutan ke 56 versi Forbes 2021 dan orang terkaya urutan 162 di dunia.

2. Dikenal sebagai The Man Who Broke the Bank of England


George Soros dikenal sebagai orang yang berhasil "menghancurkan" Bank of England pada tahun 1992. Melalui spekulasi mata uang, Soros memperoleh keuntungan besar dan memaksa Bank of England untuk mengeluarkan mata uang poundsterling dari Sistem Nilai Tukar Eropa (ERM).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2691 seconds (0.1#10.140)