Menhub Budi Karya: Ride Hailing Ciptakan Integrasi Antar Moda

loading...
Menhub Budi Karya: Ride Hailing Ciptakan Integrasi Antar Moda
Peran ride hailing sangat dibutuhkan dalam mewujudkan integrasi antar moda terutama di wilayah Jabodetabek. Foto/Dok SINDOphoto/Eko Purwanto
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan peran ride hailing sangat dibutuhkan dalam mewujudkan integrasi antar moda terutama di wilayah Jabodetabek.

Menurut dia, dengan pengembangan sistem transit yang handal serta keterpaduannya dengan ride hailling akan mampu mewujudkan era mobility as a service.

“Ini sebuah era dimana perjalanan dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun, dimanapun dan kemanapun dengan memanfaatkan layanan transportasi yang selalu tersedia tanpa harus bergantung atas kendaraan pribadi,” ungkap Menhub Budi Karya menjadi key note speaker pada Forum Diskusi Publik School of Business and management Institut Teknologi Bandung yang digelar secara virtual Rabu (5/8/2020). (Baca juga: Hari Minggu, Kota Bekasi Kembali Gelar Car Free Day)

Keberadaan ride hailing menurutnya bisa dimanfaatkan untuk mengisi layanan feeder dalam mendukung layanan transportasi massal perkotaan secara optimal. Syaratnya, harus dibarengi dengan basis layanan yang bersifat on demand services.

“Tentunya layanan Ride Hailing memiliki keunggulan dibandingkan feeder konvensional, yakni dengan menghadirkan kemudahan akses dimanapun dan kapanpun dibutuhkan khususnya dalam melayani kebutuhan first mile dan last mile,” ucap dia.



Saat ini Jakarta masuk dalam kota dengan tingkat kemacetan 53% dan berada pada peringkat 10 kota termacet di Asia. Selain itu ADB (2019) juga mengemukakan bahwa Jakarta, Surabaya dan Bandung juga masuk dalam kategori kota termacet di Asia. (Baca juga: Jalan Berbayar Solusi Kurangi Macet di Jakarta, Seperti Apa?)

“Berdasarkan data tersebut, shifting dari penggunaan kendaraan pribadi ke penggunaan angkutan umum massal merupakan suatu keniscayaan. Oleh karena itu Pemerintah terus melakukan upaya untuk membangun Infrastruktur Transportasi Angkutan Umum massal perkotaan yang terintegrasi,” pungkas dia.

Ride hailing merupakan konsep jasa transportasi yang menggunakan platform online, seperti aplikasi di smartphone yang menghubungkan antara penumpang dengan pengemudi. Pengguna ride hailing harus menentukan tujuan dan kemudian memesan kendaraaan beserta dengan pengemudinya sebelum melakukan perjalanan. Konsep bisnis ini seperti halnya yang dioperasikan oleh Grab dan Gojek.
(ind)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top