5 Negara dengan Anggaran Pertahanan Terbesar di 2023

Senin, 30 Oktober 2023 - 09:39 WIB
loading...
5 Negara dengan Anggaran Pertahanan Terbesar di 2023
Teknologi militer telah banyak berubah yang membuat pengadaan alutsista semakin mahal. Kondisi ini membuat anggaran pertahanan suatu negara ikut menggelembung di tengah mendesaknya kebutuhan modernisasi alutsista. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Memperkuat sektor pertahanan sepertinya menjadi sebuah keharusan bagi sebuah negara di tengah kondisi global saat ini. Selama beberapa dekade terakhir, teknologi militer telah banyak berubah yang membuat pengadaan alutsista (Alat Utama Sistem Senjata) semakin mahal. Kondisi ini membuat anggaran pertahanan suatu negara ikut menggelembung di tengah mendesaknya kebutuhan modernisasi alutsista.



Berikut ada 5 negara dengan anggaran pertahanan terbesar di tahun 2023. Seperti dilansir dari insiderMonkey, dalam menyusun daftar anggaran belanja militer dan pertahanan global pada tahun 2023, dimulai dengan data dari Global Firepower, sebuah situs web pelacakan belanja pertahanan berbasis statistik.



Namun daftar tersebut hanya digunakan sebagai titik referensi, dan setiap perkiraan pengeluaran diverifikasi keakuratannya secara manual. Kita akan lihat, negara mana saja yang masuk lima besar dengan anggaran pertahanan terbesar tahun ini:

5. Arab Saudi

Perkiraan Anggaran Pertahanan Terbaru: USD69 miliar

Kerajaan Arab Saudi adalah negara Timur Tengah yang berupaya menjadi kekuatan regional melalui belanja pertahanan yang besar. Meskipun Arab Saudi adalah salah satu negara dengan belanja sektor pertahanan terbesar di dunia, Arab Saudi tidak memiliki basis industri pertahanan yang maju.

Sebaliknya, negara tersebut bergantung pada negara lain untuk mendapatkan peralatan tersebut. Tulang punggung Angkatan Udara Saudi adalah pesawat serang dan superioritas udara F-15 buatan Amerika, dan mereka merupakan mayoritas pesawat tempur di armadanya. Arab Saudi bukan negara yang memiliki nuklir dan mereka juga tidak memiliki kapal selam.

4. India

Perkiraan Anggaran Pertahanan Terbaru: USD72,6 miliar

Republik India, atau India adalah salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia. Negara ini juga mempunyai salah satu tentara terbesar di dunia, dan membeli sebagian besar pesawat dan peralatan pertahanan lainnya dari Rusia.

India juga berencana membuat pesawat terbangnya sendiri, dan memiliki beberapa senjata mematikan dalam portofolionya seperti rudal jelajah Brahmos. Selain itu, dengan aspirasinya untuk menjadi kekuatan global – dan bahkan negara adidaya – India menghabiskan banyak uang untuk pertahanan, melalui peralatan seperti rudal balistik antarbenua, kapal induk, hingga jet tempur.

3. Rusia

Perkiraan Anggaran Pertahanan Terbaru: USD84 miliar

Federasi Rusia adalah negara terbesar di Eropa berdasarkan wilayah dan kekuatan global. Penerus Uni Soviet tersebut, memiliki beberapa senjata tercanggih di dunia, seperti rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam (SLBM), kapal induk, pesawat generasi kelima, rudal balistik antarbenua (ICBM), dan bahkan senjata hipersonik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2325 seconds (0.1#10.140)