Harga-harga Meroket, Pedagang Pasar Minta Pemerintah Turun Tangan

Sabtu, 04 November 2023 - 16:20 WIB
loading...
Harga-harga Meroket, Pedagang Pasar Minta Pemerintah Turun Tangan
Para pedagang pasar meminta pemerintah turun tangan untuk menstabilkan harga. Foto/Dok.
A A A
JAKARTA - Sejumlah pedagang di Pasar Pondok Gede, Bekasi, Jawa Barat, menjerit akibat lonjakan harga sayuran dan bumbu dapur yang memangkas keuntungan mereka hingga 50%. Para pedagang berharap pemerintah turun tangan menstabilkan harga.

Salah satu pedagang bumbu dapur di pasar Pondok Gede, Miya (39), mengaku kenaikan harga beberapa jenis bumbu dapur mengagetkan. Menurut dia, beberapa bumbu dapur harganya bisa naik hingga Rp5.000/kg hanya dalam sehari.



"Satu hari naik Rp5.000, tidak tahu besok. Biasanya sih setiap hari ada kenaikan," kata Miya saat ditemui MNC Portal di Pasar Pondok Gede, Sabtu (4/11/2023).

Dia mengungkapkan, beberapa bumbu dapur yang mengalami kenaikan harga antara lain jahe, kunyit, dan lengkuas. "Rerata naiknya Rp5.000. Ini pengaruhnya banyak banget sama keuntungan. Modal meningkat, keuntungan menipis," keluhnya.

Untuk menyiasati kenaikan harga barang dagangnnya tersebut, Miya mengaku mulai menjual dagangan selain bumbu, seperti umbi-umbian. Kendati demikian, hal itu belum cukup untuk mengembalikan keuntungannya seperti semula. Miya pun berharap pemerintah segera turun tangan untuk menstabilkan harga.

"Harapannya kepada pemerintah cuma minta tolong semua dikondisikan saja seperti semula, kalau tidak bisa turun drastis, agak turun sedikit demi sedikit dan harga stabil," tandasnya.



Pedagang lainnya, Amit, mengungkapkan hal serupa. Harga-harga sayuran yang dijualnya mengalami kenaikan sejak September lalu. "Sawi putih, kacang panjang, bawang merah, hingga cabai kompak naik," keluhnya.

Amit mengeluhkan tingginya fluktuasi harga sayur-sayuran yang dijualnya. Dia mencotohkan cabai merah keriting dan cabai rawit keriting yang kini harganya sudah tembus Rp100 ribu/kg. Padahal, harga normalnya sekitar Rp70-80 ribu/kg.

"Sebelumnya itu bahkan Rp60 ribu/kg, tapi kalau sekarang rasanya sudah ganti harga, bukan naik lagi, kalau naik kan paling seribu dua ribu," ujarnya.

Hal serupa terjadi pada bawang merah di mana saat ini Amit menjual dengan harga Rp34 ribu/kg, dari sebelumnya Rp28 ribu/kg pada Oktober lalu. Buncis pun harganya kini menjadi Rp34 ribu/kg, dari sebelumnya hanya Rp20 ribu/kg pada September lalu.

"Harapannya sih pemerintah bisa menurunkan harga saja, jangan terlalu tinggi, kasihan masyarakat kalangan bawah. Ini kan (sayuran dan bumbu dapur) dibutuhkan banyak masyarakat," cetusnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1024 seconds (0.1#10.140)