Crivisaya Ganjar Berdayakan Masyarakat untuk Budi Daya Ikan Nila

Senin, 06 November 2023 - 09:30 WIB
loading...
Crivisaya Ganjar Berdayakan Masyarakat untuk Budi Daya Ikan Nila
Crivisaya Ganjar membangun kolam bioflok untuk budi daya nila bagi warga di Sidodadi, Kedaton, Bandar Lampung. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Implementasi dari program pemberdayaan masyarakat kembali digelar Generasi alumni muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila) yang berjejaring dalam kelompok sukarelawan Crivisaya Ganjar.

Relawan pendukung Ganjar Pranowo tersebut memberikan kolam bioflok untuk budi daya nila bagi warga di Sidodadi, Kedaton, Bandar Lampung, Lampung. "Ada pembuatan kolam bioflok untuk masyarakat sekitar daerah ini yang memang kami coba untuk pemberdayaan masyarakat," kata Koordinator Wilayah Crivisaya Lampung, Alvin Alyonni dalam siaran pers, Senin (6/11/2023).



Alvin menjelaskan, kolam bioflok dipilih karena praktis, fleksibel, dan peletakannya yang tidak perlu menggunakan lahan yang luas. "Bioflok untuk pengelolaan lahannya sendiri lebih praktis dengan memanfaatkan media terpal. Untuk bioflok, hasil sisa pakannya itu bisa diolah lagi untuk pakan ikan itu sendiri," jelasnya.

Selain kolam, relawan juga turut menyerahkan bibit nila untuk mendukung budidaya tersebut. Nila dipilih karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. "Seperti kita tahu untuk nila itu perawatannya nggak terlalu ribet. Sangat gampang untuk merawat nila. Pengembangbiakannya juga cukup cepat. Secara nilai ekonomis, nila juga cukup stabil harganya," katanya.

Diharapkan, bantuan ini bisa dijadikan pekerjaan sampingan untuk masyarakat setempat, sehingga bisa menambah penghasilan mereka. Ini juga menjadi cara bagi Crivisaya Ganjar untuk mengadukasi pera pemuda akan cara berwirausa budidaya ikan dengan memanfaatkan lahan yang minim.



Relawan beranggotakan para mahasiswa ini pun berkomitmen untuk terus melanjutkan aksi bermanfaat di wilayah lainnya di Lampung. "Rencana terdekat dari Crivisaya Lampung kita ada agenda di bidang kesehatan, yaitu untuk penanganan masalag stunting," pungkas Alvin.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)