Investasi Swasta Akan Dapat Keuntungan dari Penurunan BI Repo Rate

Selasa, 03 Oktober 2017 - 21:03 WIB
Investasi Swasta Akan Dapat Keuntungan dari Penurunan BI Repo Rate
Investasi Swasta Akan Dapat Keuntungan dari Penurunan BI Repo Rate
A A A
JAKARTA - Bank Dunia (World Bank) mengatakan, investasi swasta akan mendapatkan keuntungan dari penurunan suku bunga Bank Indonesia, sehingga berdampak pada penurunan biaya pinjaman, perbaikan lingkungan bisnis, dan peningkatan investasi publik di bidang infrastruktur.

"Selain itu, sektor eksternal juga diharapkan dapat memberikan kontribusi positif mengingat perekonomiaan global semakin kuat," kata Ekonom Utama Bank Dunia di Indonesia Frederico Gil Sander di Jakarta, Selasa (3/10/2017).

Rodrigo menambahkan, perekonomian Indonesia cukup bergantung pada pendanaan eksternal, baik publik maupun pihak swasta. Momentum reformasi yang sudah berjalan juga penting dipertahankan karena kesenjangan dalam modal fisik, manusia, dan kualitas kelembagaan masih cukup besar.

Dengan semakin dekatnya pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden, peluang untuk melakukan reformasi struktural yang diperlukan untuk pencapaian tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi akan semakin sempit.

"Namun jika reformasi struktural ini diabaikan, maka pertumbuhan potensial bisa melambat dan berdampak buruk bagi perkiraan perekonomian," jelasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9587 seconds (0.1#10.140)