Pertamina Dorong Generasi Muda Peduli Lingkungan Lewat Program Sekolah Energi Berdikari di SMKN 2 Dumai

Selasa, 07 November 2023 - 11:12 WIB
loading...
A A A
Launching SEB di SMKN 2 Dumai dihadiri pula oleh sejumlah stakeholder Pertamina seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai, Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai, Camat Dumai Selatan, dan Lurah Bukit Datuk. Sedangkan tim Pertamina yang turut hadir pada acara tersebut antara lain Manager CSR PT Pertamina (Persero) Dian Hapsari Firasati, Tim Sustainability Thesa Kemmy Pratama, serta Pertamedika IHC Sri Muharni Sarah.

VP Corporate Communication Fadjar Djoko Santoso mengatakan Program Sekolah Energi Berdikari merupakan inovasi yang dijalankan dari program Desa Energi Berdikari untuk mewujudkan transisi energi dari tingkat sekolah atau Pendidikan serta memberikan pemahaaman kepada generasi muda untuk lebih peduli isu-isu lingkungan.

“Sekolah Energi Berdikari menyasar Sekolah Adiwiyata dengan penggunaan energi terbarukan di sekolah, penanaman pohon, serta edukasi, pembentukan kelompok ilmiah pecinta lingkungan, agar keberlanjutan program dapat tercapai dan tercipta generasi muda yang peduli lingkungan,” ujarny.

Lebih lanjut, Fadjar menjelaskan dengan masuknya program Sekolah Energi Berdikari diharapkan dapat mendorong tingkatan Adiwiyata di sekolah tersebut.

“Di tahun 2023 target akan dijalankan 10 Sekolah Energi Berdikari, saat ini sudah berjalan di 3 sekolah termasuk di SMKN 2 Dumai. Dari 3 sekolah tersebut telah menghasilkan 9,9 kWp energi listrik untuk kebutuhan riset laboratorium yang setara dengan penghematan biaya listrik Rp 20 juta/tahun dan berperan dalam pengurangan emisi karbon sebanyak 13.000 kgCo2/tahun," ucapnya sebagai penutup.
(dsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3353 seconds (0.1#10.140)