Gus Gus Ganjar Gelar Workshop Inovasi dan Packaging Olahan Pisang

Rabu, 08 November 2023 - 10:30 WIB
loading...
Gus Gus Ganjar Gelar Workshop Inovasi dan Packaging Olahan Pisang
Gus Gus Nusantara (GGN) Dukung Ganjar workshop inovasi dan packaging olahan pisang di Randuagung, Lumajang, Jawa Timur. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sumber daya alam (SDA) yang ada di Indonesia melimpah ruah dari Sabang sampai Merauke. Jika dimanfaatkan sebaik mungkin, kekayaan alam itu mampu memberikan penghidupan bagi segenap individu yang ada di dalamnya.

Termasuk daerah Lumajang, salah satu Kabupaten di Jawa Timur tersebut mampu menghasilkan komoditas buah pisang dalam jumlah yang banyak. Sehingga Kabupaten Lumajang pun dikenal sebagai Kota Pisang.

Melihat potensi yang ada, Gus Gus Nusantara (GGN) Dukung Ganjar kemudian menginisiasi digelarnya workshop inovasi dan packaging olahan pisang di Randuagung, Lumajang, Jawa Timur.



Koordinator Wilayah (Korwil) GGN Jatim Muhammad Alwi Hasan mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan SDA yang ada guna menciptakan peluang usaha berbasis UMKM.

"Ini merupakan gagasan atau program utama dari Bapak Ganjar perekonomian dari desa. Ke depannya nanti inshaAllah arus perekonomian dimulai dari desa mengandalkan UMKM di desa-desa," ujar Alwi dalam siaran pers, Rabu (8/11/2023).

"Dapat menciptakan banyak lapangan pekerjaan di desa-desa atau supaya masyarakat di desa ini untuk berusaha berinovasi untuk daerahnya masing-masing tidak usah merantau," lanjut dia.

Buah pisang diolah sedemikian rupa menjadi suatu produk inovasi baru agar nilai jualnya semakin tinggi di pasaran. Salah satunya yaitu diolah menjadi keripik pisang. Camilan sehat satu ini juga tentunya harus dikemas sebagus mungkin untuk menambah daya tarik para konsumen.

"Karena kalau olahan pisang ini hanya dikemas plastik biasa tidak mengikuti tren di pasaran daya jualnya juga melemah, kalau dalam mengemas olahan pisang ini baik bisa masuk ke mal-mal. InshaAllah pisang dari Randuagung bisa di ekspor ke luar," jelas Gus Alwi.



Menurut dia, para peserta sangat antusias mengikuti workshop tersebut. Alwi pun mengakui bahwa dukungan terhadap pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud makin meluas jelang Pemilu 2024.

"Alhamdulillah antusias masyarakat sangat baik, dan mereka alhamdulillah makin mendekati pemilu ini Bapak Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dukungannya makin meluas," kata dia.

Dalam kesempatan itu, GGN dan para hadirin turut melakukan selawat dan doa bersama untuk keselamatan bangsa. Mereka juga mendoakan kemenangan untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024. Dengan semangat yang membara, mereka meneriakkan yel-yel 2024, Ganjar-Mahfud Presidenku dengan suara lantang.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)