CVS Health, Sukses Berkat Diversifikasi ke Bisnis Farmasi

Jum'at, 20 Oktober 2017 - 11:43 WIB
CVS Health, Sukses Berkat Diversifikasi ke Bisnis Farmasi
CVS Health, Sukses Berkat Diversifikasi ke Bisnis Farmasi
A A A
CVS Health merupakan perusahaan perawatan kesehatan dan ritel farmasi yang bermarkas di Woonsocket, Pulau Rhode, Amerika Serikat (AS). Perusahaan itu didirikan pada 1963.

Awalnya CVS Health hanya menjual produk kecantikan dan kesehatan, tapi kini CVS Health juga menjalankan bisnis farmasi. Untuk membantu pertumbuhan dan ekspansi, CVS Health bergabung dengan The Melville Corporation yang menguasai berbagai bisnis ritel.

Namun seiring waktu, CVS Health yang pada saat itu masih bernama CVS Corporation mulai memisahkan diri dari The Melville Corporation dan menjadi sebuah perusahaan mandiri. Pada 1996, CVS Corporation sudah masuk kedalam Bursa Saham New York. Setelah itu, CVS Corporation melakukan merger dengan Caremark Rx. Dengan demikian, namanya berubah menjadi CVS Caremark Corporation.

Nama CVS Health dibubuhkan pada 2014 menyusul dicabutnya produk rokok dari lemari toko mereka. Aset CVS Health meliputi CVS Pharmacy, CVS Caremark, CVS Specialty, Minute Clinic, Drogaria Onofre, Longs Drugs, Navarro Discount Pharmacies, Accordant, Coram, dan Omnicare. CVS Health juga menawarkan sejumlah produk kecantikan, seperti Beauty 360, Nuance Salma Hayek, Makeup Academy, dan Essence of Beauty.

Pada 2017, CVS Health ditempatkan di ranking ketujuh dalam Fortune 500 dan ke-18 dalam Fortune Global 500 dengan revenue mencapai USD177 miliar. Pendapatan operasi mereka mencapai USD9,695 miliar. Adapun laba bersih mereka mencapai USD5,317 miliar dengan total ekuitas mencapai USD36,83 miliar.

Sejak awal CVS Health memusatkan operasi mereka di Rye, New York. CVS merupakan singkatan dari Consumer Value Stores, meskipun mantan CEO Thomas Ryan menjabarkannya sebagai Convenience, Value, and Services.

CVS Health didirikan di Lowell, Massachusetts oleh Stanley, Sidney Goldstein, dan Ralph Hoagland. Pada 1964, CVS Health memiliki 17 toko. Mereka hanya fokus menjual produk-produk kesehatan dan kecantikan. Tiga tahun kemudian, CVS Health mulai membuka toko farmasi di Warwick, Pulau Rhode, dan Cumberland, Pulau Rhode.

Namun pada 1969, CVS Health diakuisisi Melville Corporation untuk peremajaan. Setahun berada di bawah manajemen Melville Corporation, CVS Health sudah memiliki 100 toko di New England dan Northeast. Mereka kemudian mampu membeli 84 Clinton Drug dan Discount Stores. Pembelian itu sekaligus memperlebar bisnis CVS Health hingga ke Indiana. CVS Heath lalu membeli 36 toko Mack Drug.

Pada 1980, CVS Health menjadi rantai farmasi terbesar ke-15 di AS dengan jumlah toko mencapai 408 unit dan transaksi USD414 juta. CVS Health belum merasa puas. Pada 1983, mereka meluncurkan tempat perawatan pasien Hemophilia.

Hingga tahun 1988 saat perayaan ultah ke-25, CVS Health sudah memiliki 750 toko. CVS Health kemudian mengakuisisi sebuah perusahaan farmasi kecil Heartland Drug yang terletak di area Boston. Dengan demikian, mereka kembali memiliki pasar baru, termasuk di Watertown Square dan Harvard Square.

Pada 1990, CVS Health membeli 500 toko Peoples Drug sehingga menyebar hingga Maryland dan Virginia. Setelah masuk Bursa Saham New York, CVS Health langsung berada di bawah manajemen Stanley Goldstein. Sampai tahun 1999, CVS Health meng akuisisi 2.500 toko Revco dan 207 toko Arbor Drugs.

Selain itu, mereka membuat situs web CVS.com yang menjadi farmasi online pertama menawarkan beragam produk. Memasuki tahun 2000-an, CVS Health terus berkembang. Mereka mengakuisisi Stadlander milik Bergen Brunswig Corporation, membeli 1.268 toko Eckerd dan Eckerd Health Services, 700 toko berdiri bebas disupermarket, dan Minute Clinic.

Pada 2008, CVS Health membeli 541 toko dari Longs Drugs di California, Hawaii, dan Nevada. CVS Health juga sangat aktif memberikan sumbangan. Teranyar, mereka mendonasikan dana hingga USD4 juta untuk membantu korban badai di Florida, Texas, dan Puerto Rico, pada Oktober silam.

Mereka juga menyumbangkan dana tambahan lebih dari USD6 juta untuk memenuhi kebutuhan pokok dan obat-obatan. CVS Health membantu merekonstruksi infrastruktur yang mengalami kerusakan berat.

"Kami berterima kasih kepada kolega dan pelanggan kami yang menunjukkan integritas dan kepedulian terhadap korban badai," kata Presiden CVS Pharmacy, Helena B Foulkes yang juga Executive Vice President CVS Health dikutip PR Newswire.

CVS Health telah mendirikan yayasan khusus untuk menyalurkan bantuan seperti CVS Health Charitable Foundation. Sebelumnya, CVS Health memiliki CVS Caremark Charitable Trust yang ditujukan untuk membantu pendanaan perawatan kesehatan, pendidikan, dan inisiatif pelibatan masyarakat di berbagai kegiatan. CVS Caremark Charity Classic juga pernah didirikan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan di New England.

Sejak 1999, yayasan tersebut telah berhasil menggalang dana hingga USD8 juta. Para donatur yang terlibat meliputi pegolf legendaris Arnold Palmer, Jack Nicklaus, Hale Irwin, dan juga bintang pop David Duval. Pada 1978, CVS Health juga mendirikan CVS Samaritan Vans.

CVS Samaritan Vans dibentuk untuk membantu pengguna kendaraan roda dua dengan menyediakan jasa reparasi. Mereka biasanya menyisir jalanan di Chicago, Charlotte, Cincinnati, Cleveland, Boston, Detroit, Indianapolis, Providence, dan Washington DC.
(amm)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3934 seconds (0.1#10.140)