Melihat Tren Pasar, Surveyor Indonesia Hadirkan Layanan Pendampingan ESG

Rabu, 15 November 2023 - 14:54 WIB
loading...
Melihat Tren Pasar, Surveyor Indonesia Hadirkan Layanan Pendampingan ESG
Melihat tren pasar yang semakin membutuhkan layanan ESG, Surveyor Indonesia menghadirkan layanan pendampingan ESG yang menyeluruh (end-to-end services). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Saat ini Enviromental, Social and Governance (ESG) menjadi tren yang mengubah perspektif di dunia bisnis dan investasi. ESG merupakan kerangka kerja yang membantu para pemangku kepentingan memahami bagaimana organisasi mengelola risiko dan peluang yang terkait dengan kriteria lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan dengan tujuan menciptakan nilai jangka panjang bagi semua pemangku kepentingan.

Banyak investor tertarik pada perusahaan yang mampu menangani risiko-risiko ESG secara efektif, karena mereka menyadari bahwa risiko-risiko ini dapat mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan secara material dalam jangka panjang.



Dengan menerapkan ESG, perusahaan juga mendapat manfaat langsung, misalnya fasilitas dalam mengakses pinjaman dengan suku bunga yang lebih rendah, menjaga loyalitas pegawai hingga meningkatkan citra dan reputasi perusahaan di mata publik.

Kesadaran tentang ESG, mendorong banyak perusahaan berlomba-lomba untuk menerapkan ESG dalam operasional dan strategi perusahaan. Namun, kendati trennya menguat secara global, penerapan ESG masih cukup menjadi tantangan. Survei Mandiri Institute tahun 2022 menyebut, banyak perusahaan masih kurang memahami isu ESG, serta kesulitan menentukan kriteria, matriks, atau indikator kinerja.

Melihat tren pasar yang semakin membutuhkan layanan ESG, Surveyor Indonesia menghadirkan layanan pendampingan ESG yang menyeluruh (end-to-end services). Layanan ESG Surveyor Indonesia dapat berupa konsultasi penyusunan roadmap ESG, pelatihan dan pendampingan rating ESG, hingga strategi pengungkapan ESG dalam Sustainability Report.



Surveyor Indonesia telah memberikan layanan ESG ke banyak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Swasta dari berbagai sektor industri, di antaranya: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Pertamina Group, PT Kereta Api Indonesia, PT ABM Investama Tbk, PT Cipta Krida Bahari, PT Djarum.

Surveyor Indonesia juga memberi layanan traceability dan pemastian deforestation and conversion free notes. Layanan traceability terkait komoditas adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk melacak asal-usul, perjalanan, dan proses produksi suatu komoditas.

Layanan ini dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti memastikan keamanan dan kualitas produk, meningkatkan transparansi rantai pasokan, dan mendukung keberlanjutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1267 seconds (0.1#10.140)