Bersua Bos Exxon Mobil, Jokowi Singgung Rencana Investasi Rp232 Triliun

Kamis, 16 November 2023 - 08:41 WIB
loading...
Bersua Bos Exxon Mobil, Jokowi Singgung Rencana Investasi Rp232 Triliun
Presiden Jokowi dan Chairman Exxon Mobil Corporation Darren Woods. Foto/BiroSetpres
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menerima Chairman Exxon Mobil Corporation Darren Woods di Hotel Four Seasons, San Francisco, Amerika Serikat, pada Rabu, 15 November 2023. Dalam pertemuan tersebut Presiden Jokowi turut mengapresiasi kerja sama pembangunan kilang petrokimia hijau.



“Saya apresiasi rencana kerja sama untuk pembangunan kilang petrokimia hijau dan Carbon Capture Storage (CSS) dengan nilai mencapai USD15 miliar,” ungkap Presiden Jokowi kepada Darren Woods.

Jokowi senang bahwa fasilitas CSS menjadi terbesar di Asia Tenggara dan kompleks petrokimia salah 1 yang tercanggih di dunia. “Saya senang mendengar bahwa fasilitas CCS akan jadi terbesar di Asia Tenggara dan kompleks petrokimia Exxon akan jadi salah 1 yang tercanggih di dunia,” jelasnya.

Dalam keterangan terpisah usai pertemuan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa ada dua hal yang menjadi topik pembicaraan antara Presiden Jokowi dengan Chairman Exxon.

Yakni, kata Retno, rencana pembangunan kilang petrokiomia hijau, dan carbon capture and storage. “Untuk kilang petrokomia hijau, jika kerja sama ini dapat dilakukan, maka akan menjadi salah satu yang tercanggih di dunia dan untuk fasilitas carbon capture and storage, akan menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara,” kata Retno.

Retno menyebut bahwa hal tersebut yang mendasari Presiden Jokowi terus mendorong investasi Exxon Mobil Corporation Woods. “Nilai investasinya akan mencapai USD15 miliar (Rp232,5 triliun),” lanjutnya.

Lebih lanjut Retno mengungkapkan bahwa dalam pertemuan tersebut, Presiden juga mengundang Exxon Mobil untuk berinvestasi di bidang energi baru dan terbarukan dan juga pembangunan infrastruktur hijau, termasuk di IKN Nusantara.



“Jadi, itu adalah hasil dari pertemuan Presiden dengan Exxon Mobil,” kata Retno.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)