Operasikan Hanya 8 Trainset, YLKI Minta LRT Jabodebek Kembali Terapkan Tarif Promo

Kamis, 16 November 2023 - 20:06 WIB
loading...
Operasikan Hanya 8 Trainset, YLKI Minta LRT Jabodebek Kembali Terapkan Tarif Promo
YLKI meminta Operator LRT Jabodebek untuk dapat menerapkan kembali tarif promo, karena hanya 8 trainset yang dioperasikan saat ini sehingga tidak memberikan pelayanan maksimal terhadap konsumen. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Operator LRT Jabodebek untuk dapat menerapkan kembali tarif promo . Alasannya karena hanya 8 trainset yang dioperasikan saat ini.



Anggota YLKI, Tulus mengatakan, bahwa tarif promo tersebut ditujukan saat pelayanan LRT Jabodebek yang tidak dalam konfisi tidak maksimal. Sehingga perlu adanya dispensasi tarif kepada pelanggan.



Hal ini guna membangun loyalitas pelanggan LRT Jabodebek. Adapun tarif promo tersebut yakni tarif promo yang diberlakukan tarif tetap atau flat seperti saat satu bulan pertama beroperasi.

"Kembali ke tarif promosi dulu mau Rp5.000 atau Rp10.000 untuk membagun loyalitas pengguna sampai headwaynya kenbali normal," ujar Tulus saat ditemui di Jakarta, Kamis (16/11/2023).

Adapun saat ini tarif LRT Jabodebek juga sudah menerapkan tarif promo dengan minimal Rp3.000 dan maksimal Rp10.000 yang berlaku setiap Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Sementara pada Senin-Jumat tarif yang berlaku minimal Rp3.000 dan tarif maksimal Rp20.000 seperti yang berlaku saat ini.

Namun dengan hanya mengoperasikan 8 trainset, maka otomatis layanan yang diberikan tidak optimal dari segi waktu dan hal tersebut tidak sesuai dengan tarif yang ada saat ini, di mana jarak kedatangan antar kereta (headway) LRT Jabodebek yang mencapai 1 jam lamanya.

"Mana ada itu angkutan massal yang headwaynya satu jam. Itu kan nggak lucu, 15 menit saja enggak lucu, ini kok 1 jam," kata Tulus.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)