Tips MotionTrade: Fungsi Bank Kustodian dalam Investasi Reksa Dana

Jum'at, 17 November 2023 - 14:38 WIB
loading...
Tips MotionTrade: Fungsi Bank Kustodian dalam Investasi Reksa Dana
Bank kustodian memiliki beberapa peran dalam pasar modal. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas juga menyediakan beragam produk reksa dana yang dapat dijadikan sebagai alternatif investor untuk berinvestasi.



Bagi Anda yang baru memulai berinvestasi reksa dana, ada istilah yang disebut dengan “bank kustodian”. Apakah bank kustodian berbeda dengan bank pada umumnya? Secara peran, bank kustodian tentu saja berbeda dengan bank umum. Untuk dapat menjadi bank kustodian, suatu institusi perbankan harus mendapat izin dari Bank Indonesia dan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Dalam transaksi reksa dana, ketika investor melakukan pembelian (subcription), maka uang yang diinvestasikan akan masuk ke dalam rekening di bank kustodian, bukan ke rekening manajer investasi. Berikut ini merupakan 2 (dua) fungsi bank kustodian yang telah MotionTrade rangkum untuk Anda.

1. Melakukan Fungsi Administrasi
Bank kustodian memiliki fungsi untuk melakukan tugas administrasi seperti menyimpan portofolio serta dokumen penting mengenai aset nasabah, mencatat jual beli efek, obligasi, pasar uang, penempatan deposito, dan sebagainya yang terkait dengan aset reksa dana, menghitung nilai aktiva bersih (NAB) reksa dana manajer investasi setiap hari, serta mengirimkan surat konfirmasi pembelian reksa dana kepada nasabah yang telah melakukan transaksi seperti jual beli atau melakukan switching.

2. Sebagai Pengawas Manajer Investasi
Bank kustodian juga berfungsi sebagai pengawas manajer investasi. Bank kustodian melakukan kontrak dengan manajer investasi, sebagai pihak yang diberi wewenang untuk melaksanakan penitipan kolektif (kontrak investasi kolektif). Hal ini dilakukan agar manajer investasi mengambil keputusan yang tepat sehingga tidak merugikan investor. Bank kustodian perlu menjalankan tugas untuk melakukan pencatatan transaksi manajer investasi dan mengamankan proses transaksi reksa dana.

Pada aplikasi trading MotionTrade milik MNC Sekuritas, Anda dapat berinvestasi produk reksa dana dari 33 manajer investasi yang profesional dan berpengalaman. Setiap manajer investasi memiliki kerja sama dengan bank kustodian yang berbeda. Anda dapat mengetahui bank kustodian yang bekerja sama dengan manajer investasi tersebut melalui Prospektus atau Factsheets yang telah tersedia. Yuk mulai investasi reksa dana sekarang di aplikasi MotionTrade!



Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade . MNC Sekuritas, Invest with The Best!

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1291 seconds (0.1#10.140)