Kesepakatan Awal Sudah Diteken, Vale Resmi Lepas Saham 14% ke MIND ID

Jum'at, 17 November 2023 - 18:34 WIB
loading...
Kesepakatan Awal Sudah Diteken, Vale Resmi Lepas Saham 14% ke MIND ID
Menteri ESDM, Arifin Tasrif mengungkapkan, MIND ID bersama pemegang saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) telah melakukan penandatanganan kesepakatan awal alias HOA untuk divestasi saham 14%. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif menyebutkan Holding BUMN Industri Pertambangan MIND ID bersama pemegang saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) telah melakukan penandatanganan kesepakatan awal alias head of agreement (HOA) untuk divestasi saham sebesar 14%.



Diungkapkannya, penandatnganan HoA itu dilakukan di sela-sela forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2023 di San Francisco, Amerika Serikat pekan ini. Katanya, melalui penandatangan HoA itulah maka disepakati beberapa hal mengenai kepastian perpanjangan Kontrak Kaya (KK) INCO menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

"Iya, head of agreement HOA di San Francisco. Ya HOA kan yang penting kontennya adalah kesepakatan semuanya," ujar Arifin ketika ditemui di kantornya, Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (17/11/2023).



Namun demikian Arifin tidak merincikan isi HoA yang ditandatangani tersebut. Termasuk pula pihak mana yang mau mengurangi sahamnya di Vale tersebut.

Seperti diketahui, PT Vale Indonesia memiliki struktur kepemilikan saham di antaranya, Vale Canada Limited 43,79%, Sumitomo Metal Mining (SMM) 15,03%, holding tambang BUMN MIND ID 20%, kepemilikan saham publik 20,64% dan Vale Japan Limited 0,54%

"Coba cari dong. Kan Vale-nya, ada Sumitomo ada. Pokoknya totalnya 14% nggak 7%. Yang mana yang lebih banyak, yang lebih rela," terang Arifin.

Terkait harga, Arifin belum mau mengungkapkan besarannya. Sebab hal tersebut akan dibahas secara business to business. Ia hanya memastikan yang penting harga yang ditawarkan Vale itu harus lebih murah dibandingkan harga pasar.

"Yang penting harus lebih murah dari harga pasar," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1287 seconds (0.1#10.140)