Perkuat Ketahanan Energi, Kementerian ESDM-IEA Jalin Kerja Sama

Jum'at, 10 November 2017 - 05:05 WIB
Perkuat Ketahanan Energi, Kementerian ESDM-IEA Jalin Kerja Sama
Perkuat Ketahanan Energi, Kementerian ESDM-IEA Jalin Kerja Sama
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), mewakili Pemerintah Indonesia kembali menjalin kerja sama dengan International Energy Agency (IEA).

Kerja sama ini meliputi data dan statistik energi, kebijakan darurat dan ketahanan energi, pasar minyak dan gas, sektor ketenagalistrikan dan energi terbarukan, efisiensi energi, perubahan iklim dan teknologi energi bersih.

Kerja sama ini juga bertujuan sebagai penguatan ketahanan energi untuk pertumbuhan global yang berkelanjutan.

Pada penandatangan ini Menteri ESDM Ignasius Jonan diwakili oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana. Sementara pihak IEA diwakili Executive Director IEA Fatih Birol.

"Kementerian ESDM menyambut baik kerja sama dengan IEA ini. Selain sharing data dan informasi, analisis data energi dalam perumusan rekomendasi untuk pengambilan kebijakan, semuanya berujung untuk penguatan ketahanan energi," ujar Dirjen EBTKE Rida Mulyana dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/11/2017).

Dalam pertemuan dengan IEA, beberapa isu yang menjadi perhatian pun dibahas. Antara lain adalah bagaimana menciptakan kondisi yang baik untuk melakukan investasi di bidang energi, memperkuat ketahanan energi, transisi menuju energi bersih dan digitalisasi energi.

Hal ini, kata Rida, merupakan tantangan yang perlu menjadi perhatian bagi seluruh pemangku kepentingan di sektor ESDM.

"Pemerintah Indonesia terus berupaya serta konsisten untuk memberikan iklim investasi energi yang baik yang dapat mengadopsi teknologi energi bersih yang inovatif di semua sektor ESDM," tutupnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9870 seconds (0.1#10.140)