Orang Muda Ganjar Ajak Masyarakat Menanam Mangrove di Pantai Penyu

Senin, 20 November 2023 - 10:30 WIB
loading...
Orang Muda Ganjar Ajak Masyarakat Menanam Mangrove di Pantai Penyu
Orang Muda Ganjar (OMG) Sumatera Barat mengadakan penanaman ratusan bibit mangrove bersama masyarakat di Talao Apar Pantai Penyu, Pariaman, Sumatera Barat. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sukarelawan Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Orang Muda Ganjar (OMG) Sumatera Barat terus menebarkan kegiatan positif bagi masyarakat.

Kali ini mereka mengadakan penanaman ratusan bibit mangrove bersama masyarakat di Talao Apar Pantai Penyu, Pariaman, Sumatera Barat.

"Jadi OMG Sumbar hari ini berkegiatan menanam ratusan mangrove untuk bentengi pantai," ujar Koordinator Wilayah OMG Sumbar, Muhammad Fajri dalam siaran pers, Senin (20/11/2023).



Menurut Fajri, kegiatan ini dalam rangka menjaga ekosistem di sekitar Talao Apar Pantai Penyu. Dengan harapan wilayah tersebut tidak terjadinya pengikisan tanah atau abrasi.

"Bagaimana menjaga pantai tidak terabrasi, bagaimana ekosistem di mangrove bisa baik ke depan," ungkapnya.

Adapun mangrove adalah jenis tumbuhan pantai yang secara spesifik tumbuh subur di sepanjang pantai beriklim tropis dan sub tropis serta terlindungi dengan membentuk formasi.

Mangrove memiliki nilai ekologis yang cukup besar sebagai barrier menjaga kestabilan daerah pesisir pantai dari abrasi dan berperan mengurangi global warming.

Selain itu, kegiatan menanam bibit mangrove dalam rangka menumbuhkan kepedulian masyarakat Kota Pariaman agar selalu menjaga lingkungannya.

"Menumbuhkan kepedulian dan juga pemuda terutama masyarakat secara umum untuk pentingnya menjaga lingkungan," tutur Fajri.



Lebih lanjut menurut Fajri kegiatan yang digagas oleh OMG Sumbar mendapatkan respons baik dari masyarakat setempat. Terlebih mereka bisa merasakan dampaknya nanti.

"Masyarakat sangat antusias, masyarakat sangat apresiasi kegiatan OMG bersama pemuda pariaman, bisa mereka rasakan terhadap lingkungan mereka," tutup dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)