4 Program Pasangan Ganjar-Mahfud Maksimalkan Ekonomi Hijau di Indonesia

Selasa, 21 November 2023 - 11:45 WIB
loading...
4 Program Pasangan Ganjar-Mahfud Maksimalkan Ekonomi Hijau di Indonesia
Pasangan Capres Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD memiliki 8 misi utama untuk pemilihan tahun depan. Kali ini akan dibahas empat program Ganjar-Mahfud MD di bagian Ekonomi Hijau. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pasangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD memiliki delapan misi utama untuk pemilihan tahun depan, salah satunya berkaitan dengan isu lingkungan. Misi atau program mereka di bidang lingkungan dibagi menjadi tiga segmen.



Segmen pertama adalah Lingkungan Hidup Berkelanjutan, sedangkan segmen kedua menitikberatkan pada ekonomi hijau . Sementara segmen ketiga fokus pada Ekonomi Biru.



Kali ini akan dibahas empat program Ganjar-Mahfud MD di bagian Ekonomi Hijau.Sebagaimana dilansir dari situs visimisiganjarmahfud.id, berikut adalah empat misi atau program Ganjar-Mahfud MD di bidang Lingkungan Hidup bagian Ekonomi Hijau:

1. Transisi Energi

Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai sumber daya untuk pembaharuan energi, dengan potensi mencapai sekitar 3.700 GW secara bertahap, bertujuan memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.
Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi EBT dalam mix energi hingga mencapai 25-30% pada tahun 2029.

2. Desa Mandiri Energi

Pengembangan desa yang mampu menggunakan sumber energi lokal berbasis Energi Baru Terbarukan untuk memenuhi kebutuhan energi sendiri, sehingga desa tersebut dapat menjadi bagian dari upaya penghijauan ekonomi Indonesia.

3. Limbah Sebagai Berkah

Manajemen sampah dan limbah yang terintegrasi dan ramah lingkungan, bertujuan menciptakan berkah ekologi dengan mengubah sampah menjadi peluang tambahan penghasilan alternatif bagi masyarakat, atau yang dikenal sebagai konsep "waste to cash."

4. Ekonomi Berkelanjutan

Upaya untuk meminimalkan dampak sosial dan lingkungan dengan mengatasi masalah plastik dan polusi melalui pendekatan reduce, reuse, recycle, repair, dan refabricate (5R).

Memahami Visi Misi Ganjar-Mahfud

Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, membawa visi "Menuju Indonesia Unggul: Gerak Cepat Mewujudkan Negara Maritim yang Adil dan Lestari." Visi ini diuraikan melalui delapan misi gerak cepat yang mencakup 114 program.

Heru Dewanto, Sekretaris Eksekutif Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, memberikan penjelasan mendalam tentang visi dan misi pasangan ini dalam rangka Pemilihan Presiden 2024.

"Ketika kita menyebut Indonesia unggul, kita berbicara tentang keunggulan yang bersifat kompetitif, melebihi negara-negara lain. Ini bukan hanya soal kemajuan, tetapi tentang keunggulan relatif dibandingkan dengan negara-negara lain," ungkap Heru pada Jumat (10/11/2023).

Dua misi pertama dari delapan misi Ganjar-Mahfud secara praktis difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia.

Mereka berusaha membangun manusia Indonesia yang unggul, sehat, cerdas, terampil, berkepribadian, dan produktif. Selain itu, pembangunan manusia juga melibatkan penguasaan sains dan teknologi melalui percepatan riset dan inovasi.

Misi ketiga hingga keenam menyoroti bagaimana manusia unggul dapat menggerakkan perekonomian di Indonesia. Ganjar-Mahfud menitikberatkan pada pembangunan ekonomi berbasis nilai tambah dengan pertumbuhan ekonomi yang merata di seluruh Indonesia.

Heru menekankan bahwa digitalisasi harus dimanfaatkan tidak hanya dalam sektor konsumsi, tetapi juga dalam sektor produksi.

Misi ketujuh dan kedelapan Ganjar-Mahfud menitikberatkan pada penciptaan birokrasi yang sehat, penegakan hukum, dan penghormatan terhadap hak asasi manusia.

Mereka juga berkomitmen menciptakan demokrasi substansial, menempatkan Indonesia dalam panggung global secara sehat dan berdaya saing.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1782 seconds (0.1#10.140)