Bangun Ekosistem Lifelong Learning bagi Pertumbuhan Profesionalisme Generasi Muda

Selasa, 21 November 2023 - 10:10 WIB
loading...
Bangun Ekosistem Lifelong Learning bagi Pertumbuhan Profesionalisme Generasi Muda
Menyadari perubahan dunia yang terjadi dengan sangat cepat, GreatNusa ambil langkah proaktif untuk memberdayakan SDM melalui keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk pertumbuhan profesional yang berkelanjutan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menyambut bonus demografi pada tahun 2045, generasi muda Indonesia menjadi elemen kunci dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan perkembangan budaya Indonesia. GreatNusa telah melaksanakan program-program relevan selama tahun 2023 yang bertujuan dalam membangun ekosistem lifelong learning bagi para generasi muda Indonesia.



Semua itu juga memupuk semangat berkarir, mengembangkan kompetensi, dan keterampilan pemuda Indonesia. Pada tanggal 28 Oktober 2023, mengambil moment Sumpah Pemuda, GreatNusa juga mengumumkan komitmennya untuk mengembangkan budaya lifelong learning di kalangan generasi muda melalui platform pembelajaran berbasis kompetensi.

Menyadari perubahan dunia yang terjadi dengan sangat cepat, GreatNusa mengambil langkah proaktif untuk memberdayakan SDM melalui keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk pertumbuhan profesional yang berkelanjutan.



Sepanjang tahun 2023 ini GreatNusa sudah mengadakan beberapa road show di beberapa kota seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Palembang, dan Surabaya untuk mewujudkan ekosistem lifelong learning. Berbagai seminar dilakukan bersama dengan beberapa institusi pendidikan seperti Binus University, Universitas Pamulang, Universitas Kristen Duta Wacana, Universitas Widya Mataram, dan UIN Sunan Kalijaga.

Selain itu GreatNusa juga mengadakan MoU dengan beberapa partner strategis seperti KADIN Indonesia, DANA Indonesia, MoodleMoot, hingga Udemy for Business yang berkomitmen untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan pengembangan skill dan kompetensi generasi muda Indonesia untuk menjawab tantangan industri 4.0.

Dalam salah satu kunjungannya di Jogjakarta dibahas kemungkinan pelaksanaan kerja sama (MoA) dengan Universitas Widya Mataram untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) serta pelatihan kepada UMKM di Yogyakarta dan para mahasiswa umumnya. “Pembicaraan ini perlu segera diwujudkan untuk diimplementasikan kegiatan-kegiatannya,” ujar GKR Mangkubumi.

“Kita sebelumnya sudah pernah mengikuti kegiatan dari Greatnusa ini, dan juga mengadakan kegiatan bersama. Mudah-mudahan dengan pembicaraan yang dihadiri langsung unsur Yayasan Mataram ini bisa mewujud dalam implementasi yang lebih riel,” ujar Rektor UWM prof Edy Suandi Hamid.

COO GreatNusa, Nita Felia menyatakan, "GreatNusa berinvestasi membangun ekosistem lifelong learning untuk membangun generasi muda Indonesia melalui kompetensi dan skill yang diperlukan dalam mengatasi tantangan industri 4.0 yang semakin dinamis.”

Deputy CEO GreatNusa, Prof. Firdaus Alamsjah, Ph.D menyatakan, komitmen terhadap pendidikan berkelanjutan tidak hanya bermanfaat bagi generasi muda Indonesia, tetapi juga memperkuat ekosistem SDM yang akan bermanfaat bagi pengembangan industri di Indonesia.

Beberapa inisiatif yang dilakukan GreatNusa untuk mewujudkan lifelong learning ini adalah:

1. Beragam Kesempatan Belajar:

Pengguna GreatNusa akan memiliki akses ke berbagai sumber belajar, termasuk kursus online, webinar, dan program training lainnya. Penawaran ini juga berlaku untuk industri yang ingin mengembangkan kompetensi SDM-nya dengan pendekatan holistik terhadap pengembangan profesional.

2. Jalur Pembelajaran Yang Disesuaikan:

GreatNusa menyadari bahwa setiap individu memiliki kebutuhan belajar yang unik. Program ini mencakup jalur pembelajaran yang dipersonalisasi, memungkinkan para user umum dan juga industri dapat menyesuaikan pendidikan mereka dengan tujuan karir dan minat mereka.

3. Lingkungan Belajar Kolaboratif:

Untuk mempromosikan berbagi pengetahuan dan kolaborasi, GreatNusa terus mengembangkan platform yang dapat memfasilitasi interaksi antar user. Ini akan menciptakan komunitas yang mendukung di mana individu dapat bertukar ide, wawasan, dan pengalaman.

Inisiatif ini mencerminkan dedikasi GreatNusa terhadap inovasi, keunggulan, dan kesejahteraan keseluruhan karyawan. GreatNusa ini berharap untuk melihat dampak positif dari program-program ini terhadap pengembangan profesional Generasi Muda Indonesia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)