Banten Optimistis Mampu Saingi Ekonomi Jakarta

Sabtu, 18 November 2017 - 22:16 WIB
Banten Optimistis Mampu Saingi Ekonomi Jakarta
Banten Optimistis Mampu Saingi Ekonomi Jakarta
A A A
JAKARTA - Pemerintah Provinsi Banten optimistis dalam 10 tahun ke depan mampu menyaingi Jakarta. Provinsi ini pun gencar melakukan berbagai promosi potensi daerah untuk mengundang para investor, salah satunya ddengan menggelar Banten Expo 2017 yang digelar di ICE BSD City.

"Kami ingin menghadirkan potensi ekonomi di Provinsi Banten dalam expo kali ini yang mencakup empat tema yakni perdagangan, pariwisata, industri, dan investasi," kata Ketua Pelaksana Banten Expo 2017, Babar Suharso dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/10/2017).

Banten Expo 2017 yang diselenggarakan dalam rangka HUT Provinsi Banten ke-17 menawarkan kebersamaan investasi dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah beserta seluruh pemerintah kabupaten/kota.

Expo ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan di ICE BSD City, setelah sebelumnya penyelenggaraan Banten Expo berturut-turut diselenggarakan di alun-alun Kota Serang. Babar selaku Ketua Panitia Penyelenggara mengatakan, Banten Expo 2017 menempati hall 9 dan 10 mengangkat tagline "Semua Tentang Banten Temukan Di Banten Expo" menghadirkan 107 OPD di lingkup Provinsi Banten, 12 peserta kabupaten/ kota, 24 peserta swasta, 18 peserta kuliner, serta perwakilan usaha kecil dan menengah.

"Total terdapat 200 stand dihadirkan dalam Banten Expo 2017 yang disusun sedemikian rupa agar terjalin hubungan bisnis antara pengusaha mikro, kecil, menengah, dan besar," kata Babar.

Babar mengatakan untuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan menghadirkan layanan terpadu meliputi angka pengenal ekspor/ impor, sertifikasi halal, dan hak kekayaan intelektual.

Dalam expo ini juga diselenggarakan dua event bisnis yakni Banten Business Outlook dan Banten Investor Gathering sebagai inovasi kegiatan goverment to business (G2B). Banten Business Outlook pada sesi 1 menghadirkan empat kepala daerah yakni Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Bupati Lebak iti Octavia Jayabaya, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmy Diany.

"Saya yakin dalam 10 tahun ke depan dapat menyaingi Jakarta," kata Gubernur Banten Wahidin Halim. Dia mengatakan, provinsi yang dipimpinnya memiliki potensi yang luar biasa. Menurut dia, banyak aktivitias ekonomi di provinsi ini sehingga Banten tidak lagi dikenal sebagai provinsi yang tertinggal apalagi terbelakang.

"Potensinya luar biasa untuk itu program utama kami selaku pemerintah adalah melalui pembangunan infrastruktur. Sekarang ini untuk menempuh perjalanan ke bandara sudah lebih mudah begitu juga kereta komuter yang hanya butuh 1,5 jam ke Jakarta," kata Wahidin.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3227 seconds (0.1#10.140)