Sumbang 68% Migas Nasional, Kinerja Pertamina Dapat Catatan Positif dari DPR

Kamis, 23 November 2023 - 11:16 WIB
loading...
Sumbang 68% Migas Nasional, Kinerja Pertamina Dapat Catatan Positif dari DPR
Meski Pertamina hanya menguasai 30% blok migas nasional, namun Pertamina menyumbang 68% migas nasional. Hal itu membuatnya mendapatkan catatan positif dari DPR. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kinerja PT Pertamina (Persero) terkaitproduksi minyak dan gas bumi (migas) yang dinilaisemakin positif mendapatkan apresiasi dariKomisi VII DPR RI . Hal tersebut terjadi saat rapat dengar pendapat Komisi VII dengan Dirut Pertamina Nicke Widyawati bersama Dirut Sub Holding, Selasa (21/11).



Dalam hal ini terkait produksi migas , meski Pertamina hanya menguasai 30% blok migas nasional, namun Pertamina menyumbang 68% migas nasional. “Artinya secara nasional perusahaan kita, BUMN ini telah mendominasi produksi migas secara nasional,” ujar anggota Komisi VII Mulyanto.



Menurut Mulyanto, capaian tersebut menunjukkan bahwa produktivitas Pertamina sangat tinggi. Terlebih lanjutnya, jika ke depan produksi minyak nonkonvensional juga berhasil dengan baik, maka posisi Pertamina sebagai produsen migas akan semakin kuat.

“Saya bangga dengan prestasi Pertamina sampai hari ini,” imbuh Mulyanto.

Hal senada juga diungkapkan anggota DPR, Ramson Siagian yang menurutnya, produksi Pertamina mencapai lebih dari 68% migas nasional sangat positif. Apalagi, kinerja membanggakan tersebut dibarengi dengan pengembangan proyek Carbon Capture Storage (CCS) dan Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS).

“Blok yang dikelola Pertamina hanya 30% nasional namun produksi lifting nasional 68%, ini bagus sekali. Apalagi, Pertamina Hulu Energi sudah menggunakan CCS, sebagai upaya untuk masuk di green energy," ungkapnya.

Kondisi demikian, lanjut Ramson, menunjukkan bahwa Pertamina lebih cepat dalam upaya mencapai Net Zero Emission (NZE) 2060. “Pertamina lebih cepat. Saya apresiasi untuk ini,” imbuh Ramson.

Secara keseluruhan, RDP yang dipimpin Dony Maryadi Oekon, memang memberi catatan positif kepada Pertamina. Dalam kesimpulannya, Dony mengatakan, “Komisi VII mengapresiasi capaian kinerja Pertamina beserta seluruh sub holding. Antara lain peningkatan produksi minyak dan gas sebesar 8 persen dan produktivitas pengeboran sumur baru sebesar 16 persen pada 2023 dibandingkan 2022.”
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)