Menteri Eko Pede Laba Bersih BUMDes Mampu Tembus Rp75 Triliun

Selasa, 28 November 2017 - 13:47 WIB
Menteri Eko Pede Laba Bersih BUMDes Mampu Tembus Rp75 Triliun
Menteri Eko Pede Laba Bersih BUMDes Mampu Tembus Rp75 Triliun
A A A
JAKARTA - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diyakini berpotensi makin besar hingga secara keseluruhan bisa meraih laba bersih tembus Rp75 triliun. Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Eko Putro Sandjojo mengaku sangat yakin BUMDes mampu menembus laba tersebut.

Alasannya jumlah BUMDes ditargetkan bisa mencapai 75.000 dalam kurun wakty tujuh tahun lagi. Sementara saat ini BUMDes sudah mencapai 18.446 BUMDes dengan minimal laba bersih Rp1 miliar. "Saya katakan kalau rata-rata sekarang BUMDes ada untungnya Rp10 miliar, ada untungnya Rp10 juta, serta juga Rp5 Miliar," ujarnya di Jakarta, Selasa (28/11/2017).

Lebih lanjut Ia menjelaskan, dalam upaya menggenjot pertumbuhan BUMDes, pihaknya akan menggandeng Badan Usaha Milik Negara (BUMN) perbankan dan Bulog. "Manajemennya nanti dibantu pelatihannya oleh BUMN, komoditasnya juga seperti pupuk, bibit. Jadi, dia sudah punya modal untuk tumbuh," terang dia.

Ditambahkan Eko, pihaknya juga menyambut baik penyaluran bantuan beras sejahtera (rastra) oleh Bulog yang tidak lagi disalurkan secara fisik tapi dalam bentuk uang. Penyaluran ini diharapkan bisa untuk membeli rastra melalui program E-Warung yang dicanangkan oleh Kementerian Sosial.

"Kita berikan melalui E-Warung, bukan berasnya tapi uang. Uang itu hanya boleh untuk beli beras, ini menghemat biaya distribusi Rp12 triliun sekaligus menyelamatkan pengecer," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5717 seconds (0.1#10.140)