JK Singgung Proyek Mobil Esemka: Bisa Ambil Teknologi dari Luar, Tapi Tidak Bohong-bohongan

Senin, 27 November 2023 - 15:43 WIB
loading...
JK Singgung Proyek Mobil Esemka: Bisa Ambil Teknologi dari Luar, Tapi Tidak Bohong-bohongan
Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) singgung proyek mobil Esemka yang pada tahun 2012 silam, sempat ramai menjadi perbincangan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla (JK) singgung proyek mobil Esemka yang pada tahun 2012 silam, sempat ramai menjadi perbincangan karena Indonesia diklaim mampu untuk menciptakan brand mobil sendiri. Jusuf Kalla menilai saat ini industri otomotif di Indonesia belum mengalami perkembangan yang signifikan.

Hal itu menurutnya terlihat dari masih mendominasi brand mobil luar yang meramaikan pasar otomotif di tanah air.

"Kita perlu kerjasama betul yang baik, semangat yang baik antara pengusaha dan anak muda, dengan kemampuan sendiri. Jadi jangan hanya bicara saja," ujar JK dalam konferensi pers Economix, Global Economic Challenges di Universitas Indonesia, Senin (27/11/2023).

JK menjelaskan salah satu kunci menjadi negara maju adalah penguasaan teknologi. Sebab dengan itu maka muncul efisiensi yang akhirnya mendorong industri-industri di dalam negeri.

"Mobil tuh bisa ambil teknologi luar, tapi kita melaksanakannya, tidak bohong-bohongan," kata JK.



Menurutnya beberapa negara di ASEAN yang saat ini menjadi tetangga dekat Indonesia sudah mampu memproduksi mobil dengan brand sendiri. Misal China, Vietnam, ataupun Malaysia.

"Kalau Vietnam bisa masa kita tidak bisa, banyak negara (sudah punya mobil sendiri). China dulu juga gitu (belum punya brand mobil) sekarang bisa 25 juta setahun (produksi mobil)," kata JK.

"Saya dari Vietnam kemarin, mereka sudah punya mobil listrik buat Vietnam, kita masih buatan Hyundai," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)