Alam Ganjar Berbagi Pengalaman Memulai Usaha Bareng HIPMI PT Kota Bandung

Rabu, 29 November 2023 - 21:48 WIB
loading...
A A A
Lanjutnya, ada tiga aspek penting yang bisa diterapkan dalam memulai usaha, yakni Kemauan, Koneksi dan Kolaborasi yang merupakan modal dasar bagi anak muda yang bertekad menjadi seorang pebisnis.

Selain itu, Alam merasa pentingnya keberadaan fasilitas yang dapat mendukung perkembangan anak muda dalam mengembangkan usahanya, salah satunya adalah ketersediaan creative hub yang menjadi wadah anak muda untuk membangun ekosistem.

"Saya rasa creative hub itu harus ada di setiap daerah, dimana dari tempat tersebut kita bisa saling bertemu, berdiskusi untuk kolaborasi maupun belajar dalam menemukan support sistem dalam berbisnis," kata Alam.

Alam pribadi menceritakan alasannya mengapa dirinya bertekad menjadi seorang pebisnis.

"Alasan saya untuk merintis usaha sendiri itu cukup personal, dari kecil ketika saya ada achievement selalu dikaitkan orang tua, begitu pun sebaliknya. Untuk itu, saya mencari sesuatu cara, kira-kira di bidang apa saya bisa lepas dari bayang-bayang orang tua, salah satunya bisnis karena orang tua saya tidak memiliki latar belakang sebagai seorang pebisnis," pungkas Alam.
(nng)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)