Ini Alasan Jokowi Ngotot Kebut Bangun Infrastruktur

Selasa, 12 Desember 2017 - 14:27 WIB
Ini Alasan Jokowi Ngotot Kebut Bangun Infrastruktur
Ini Alasan Jokowi Ngotot Kebut Bangun Infrastruktur
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan bahwa pemerintah pada tahun mendatang masih fokus untuk melakukan percepatan pembangunan infrastruktur. Hal ini dibutuhkan karena untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih baik dalam jangka menengah dan panjang.

Dia mengaku memiliki alasan jelas mengapa pemerintah fokus pada pembangunan infrastruktur. Salah satunya, karena kondisi infrastruktur di Indonesia masih sangat buruk.

"Urgensi pembangunan infrastruktur yang pertama adalah kondisi infrastruktur masih jauh dari ideal bahkan dikatakan buruk. Ini studi dari World Bank dan Global McKinsey," katanya dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Bahkan, lanjut dia, infrastruktur Indonesia dibanding negara lain masih sangat jauh tertinggal. Negar lain di dunia tingkat infrastrukturnya sudah mencapai 70% dari Produk Domestik Bruto (PDB), sementara Indonesia masih di posisi 38% dari PDB.

"Dibanding dengan masa sebelum krisis ekonomi di Asia di 1997-1998, jumlah infrastruktur Indonesia menurun dari 95% PDB jadi 38% di tahun ini. Sehingga kenapa kita konsen, kita fokus ke pembangunan infrastruktur. Baik berupa pembangunan jalan tol, pelabuhan, bandara di wilayah yang memerlukan," terang dia.

Apalagi, lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, infrastruktur di Indonesia bagian timur masih sangat buruk. Hal ini menyebabkan harga bahan kebutuhan pokok di wilayah tersebut berkali lipat dibanding Pulau Jawa.

"Jadi, betapa infrastruktur kita terutama di Indonesia bagian timur itu buruk sekali. Infrastruktur seperti ini, tidak hanya satu dua tiga lokasi, masih terjadi di banyak lokasi," imbuhnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7363 seconds (0.1#10.140)