Berkat Whoosh, Jumlah Kunjungan Wisatawan di Bandung Bertambah

Minggu, 03 Desember 2023 - 17:33 WIB
loading...
Berkat Whoosh, Jumlah Kunjungan Wisatawan di Bandung Bertambah
Kereta cepat Whoosh berhasil mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Bandung Raya. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) atau Whoosh disebut memberikan dampak positif di sektor pariwisata Bandung, Jawa Barat. Hal itu tak lepas dari kolaborasi PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) dengan berbagai pengelola destinasi wisata di Bandung untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menyebutkan, peningkatan kunjungan pariwisata dan ekonomi memang menjadi tujuan dari kehadiran Kereta Cepat Whoosh. Whoosh, kata dia, dirancang bukan hanya sebagai moda transportasi, tapi juga sebagai penggerak roda perekonomian masyarakat.



"Lewat kerja sama yang dilakukan dengan berbagai pelaku pariwisata, kami memberikan nilai tambah dan meningkatkan layanan untuk penumpang sekaligus ambil bagian dalam upaya meningkatkan perekonomian lokal. Dan setelah lebih dari satu bulan berjalan, kerja sama ini mendapat respon baik dari penumpang," ujar Eva melalui keterangan pers, Minggu (3/12/2023).

KCIC sejauh ini telah bekerja sama dengan enam destinasi wisata, dalam bentuk pemberian angkutan shuttle gratis, hingga gratis tiket masuk untuk pemegang tiket kereta cepat Whoosh. Keenam destinasi wisata yang dimaksud adalah Dusun Bambu, Farmhouse, Floating Market, The Great Asia Afrika, Tepi Danau dan Tepi Kota Healing.

"Setelah sekitar satu bulan program ini digulirkan, terjadi peningkatan jumlah kunjungan di tempat wisata tersebut. Untuk Dusun Bambu, terjadi penambahan sekitar 4.500 pengunjung dalam satu bulan," ungkapnya.

Hal serupa terjadi di Floating Market Lembang, Farm House lembang, The Great Asia-Afrika, Tepi danau dan Tepi Kota Healing. Jumlah penumpang kereta cepat Whoosh yang memanfaatkan promo wisata ke destinasi tersebut mengalami kenaikan hingga lima kali lipat. Dari total 2.000 penumpang pada Oktober menjadi 10.000 penumpang pada November.

Baca Juga: Ribuan Orang Gemakan Free Palestine di Reuni 212

"Banyak masyarakat yang sengaja naik Whoosh di akhir pekan untuk berlibur berkat promo yang kami sediakan. Kerja sama dengan tempat wisata ini akan kami coba perluas sehingga nilai tambah yang didapatkan penumpang lebih banyak," ujarnya.

Mengakomodasi tingginya permintaan penumpang, Kereta Cepat Whoosh juga akan menambah perjalanan mulai bulan ini. KCIC menambah jadwal kereta cepat Whoosh menjadi 40 perjalanan pada hari kerja atau weekday dan 48 perjalanan di akhir pekan dengan tarif mulai dari Rp200.000.

Dengan tarif tersebut, penumpang tetap menggunakan promo yang sudah ada sebelumnya, termasuk gratis menggunakan KA Feeder Kereta Cepat. Adapun hingga 25 November 2023, Kereta Cepat Whoosh sudah melayani 549.000 penumpang dengan okupansi antara 80-99% pada setiap rangkaian yang beroperasi.

"Kami bersyukur karena Kereta Cepat Whoosh mulai menjadi moda transportasi pilihan masyarakat. Hal ini menjadi salah satu motivasi kami untuk terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat," tuturnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4991 seconds (0.1#10.140)