Gencar Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca, IDSurvey Tanam 2.021 Pohon

Minggu, 03 Desember 2023 - 12:10 WIB
loading...
Gencar Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca, IDSurvey Tanam 2.021 Pohon
IDSurvey komitmen mendorong mengurangi emisi gas rumah kaca dengan program penanaman pohon. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - IDSurvey berkomitmen kurangi emisi karbon. Salah satunya dengan melakukan aksi penanaman 2.021 pohon pengurangan emisi gas rumah kaca.

Direktur Hubungan Kelembagaan IDSurvey Andry Tanudjaja mengatakan, komitmen ini dilakukan untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai Nationally Determined Contribution (NDC) dan Net Zero Emmision (NZE) dengan mendampingi pelanggan dalam melakukan dekarbonisasi untuk menciptakan Carbon Credit yang berkualitas dan kredibel.

"IDSurvey mampu melengkapinya dengan layanan EQUATR (konsultasi manajemen dekarbonisasi) yang dimiliki BKI (Biro Klasifikasi Indonesia) berupa layanan pengurangan emisi gas," kata dia dalam siaran pers, Minggu (3/12/2023).



Untuk itu, dia menanamkan pohon pada seluas 8,4 hektare. Ini merupakan reklamasi atas pemulihan area bekas tambang batu yang dilakukan oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Gunung Dago, Parung Panjang.

“Kita menghadapi tantangan dalam mengatasi perubahan iklim dan degradasi lingkungan. Namun, setiap pohon yang kita tanam hari ini adalah peluang besar untuk menciptakan masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutan. Setiap pohon yang kita tanam adalah sumbangan berharga untuk generasi mendatang. Mari kita bersama-sama menjadi agen perubahan untuk dunia yang lebih baik,” bebernya.

Pada kesempatan ini telah ditanam sebanyak 2.021 pohon yang terdiri dari pohon durian, pohon alpukat, dan pohon pete. Simbol angka 2.021 pohon ini merupakan angka tahun lahirnya Holding IDSurvey yang terdiri atas PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT SUCOFINDO, dan PT Surveyor Indonesia, pada 16 Desember 2021 yang diresmikan melalui PP No. 66 Tahun 2021 yang ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Kegiatan ini akan berdampak positif terhadap lingkungan dan pendapatan wisata Gunung Dago. Apalagi akan ditindaklanjuti dengan MoU / PKS antara Perhutani dengan ID Survey untuk dijadikan pilot project mitigasi penurunan emisi gas rumah kaca (dekarbonisasi) serta dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekitar hutan," ungkap Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perum Perhutani Dewi Fitrianingrum.

Bagi jajaran manajemen dan Millennial IDSurvey, kegiatan ini juga adalah langkah nyata mendukung terwujudnya SDGs, terutama terhadap SDG nomor 13 tentang tindakan iklim dan SDG nomor 15 tentang keanekaragaman hayati.

Selanjutnya, Surveyor Indonesia berkomitmen melalui Sustainability Services by Sureveyor Indonesia (SURE) hadir sebagai layanan jasa konsultansi yang mendukung tujuan pembangunan keberlanjutan/ Sustainable Development Goals (SDGs) multi-stakeholders dalam mengelola aspek lingkungan/environment, sosial/social dan tata kelola/governance (ESG) berupa Konsultansi Sustainability Report, Carbon Accounting/Carbon Offset, Traceability System, Responsible Investment/Greenbond dan training.



Kegiatan penanaman pohon ini menjadi pembuka rangkaian HUT IDSurvey ke-2 yang mengusung tema 'One Family, One Purpose' yang menekankan pencapaian dari Holding BUMN Jasa Survei IDSurvey sejak awal dibentuk. Ditinjau dari capaian target yang berhasil diraih pasca pembentukan holding ini, disimpulkan berhasil membawa dampak signifikan bagi bisnis BKI, Sucofindo, Surveyor Indonesia, serta berhasil berperan dalam mempengaruhi pergerakan ekonomi nasional, terutama dalam sektor testing, inspection, dan certification (TIC).

Perayaan ulang tahun ke-2 IDSurvey juga mencerminkan perhatian perusahaan terhadap tindakan dan inovasi yang telah dilakukan, serta komitmennya terhadap keberlanjutan dan dampak positif pada lingkungan. Selama 2 tahun ini IDSurvey meningkatkan daya saing, memperluas pangsa pasar pada bidang TIC di kancah nasional dan global, serta memperkuat bisnis klasifikasi dan statutoria yang menjadi kekhasan dari sektor TIC milik IDSurvey.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2421 seconds (0.1#10.140)