Erick Thohir Angkat Kepala Staf TNI AD Perkuat Tim Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Sabtu, 08 Agustus 2020 - 04:30 WIB
loading...
Erick Thohir Angkat Kepala Staf TNI AD Perkuat Tim Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi
Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Sekaligus Menteri BUMN Erick Thohir, secara resmi mengangkat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa sebagai Wakil Ketua Pelaksana KPCPEN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ketua Pelaksana Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Sekaligus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, secara resmi mengangkat Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa sebagai Wakil Ketua Pelaksana KPCPEN. Langkah tersebut bertujuan memperkuat struktur KPCPEN dalam melakukan penanganan dan pemulihan akibat Covid-19.

(Baca Juga: Menteri Erick Thohir: Tugas Saya Semakin Berat )

Erick tak hanya menggaet Andika, namun juga menggandeng seluruh anggota TNI AD yang hingga lapisan paling bawah yang tersebar di seluruh wilaya di Indonesia.

"Dengan keberadaan TNI AD diharapkan sisi enforcement, terutama dalam upaya meningkatkan kepatuhan dan disiplin masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan sebagai standar dalam kehidupan sehari-hari bisa dijalankan dengan lebih intens, lebih luas, dan lebih masif," ujar Erick melalui siaran pers, Sabtu (8/8).

Erick bilang, keterlibatan TNI AD tak lain hanya untuk memerangi penyebaran Covid-19. Di mana, peran yang dimainkan TNI AD berupa melakukan sosialisasi ihwal pentingnya menerapkan protokol kesehatan secara ketat kepada masyarakat.

Pemberlakuan kebiasaan baru (new normal), lanjut Erick, membuat intensitas penyebaran virus Corona tak bisa dielakan. Kemungkinan menciptakan kluster baru akibat aktivitas masyarakat yang mulai pulih bisa terjadi kapan dan di mana saja. Karenanya dibutuhkan peran TNI AD untuk memperketat penerapan protokol pencegahan Covid-19 di kalangan masyarakat.

"Keinginan masyarakat kembali beraktifitas seperti bekerja, melakukan perjalanan, berolahraga, atau menjalankan kegiatan rutin di fase kebiasaan baru sangat didukung. Namun, masih tingginya penyebaran Covid-19, karena itu intensitas memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak terus ditingkatkan," paparnya.

(Baca Juga: Ketua Tim Pemulihan Ekonomi Erick Thohir: Kesehatan dan Ekonomi Harus Berjalan Beriringan )

Dalam kesempatan yang sama, Andika menyebut bahwa dia siap menjadi bagian dari KPCPEN. Bahkan, pihaknya siap memberikan dukungan dan bantuan untuk mengatasi pandemi dan pemulihan ekonomi nasional secara tepat.

Termasuk pula memperkuat struktur pelaksana KPCPEN sehingga penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi yang berada dalam satu komando semakin cepat, tepat, dan efisien dikerjakan dan dituntaskan dalam waktu yang bersamaan.

"Kami siap memberikan dukungan dan bantuan atas misi bersama ini untuk memulihkan kesehatan masyarakat dan juga ekonomi nasional. Kami akan melibatkan struktur komando hingga lapisan terbawah yang dekat dengan masyarakat agar disiplin dan taat protokol kesehatan," ujar Andika.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2372 seconds (0.1#10.140)