Jadi Inspirasi, Biografi Jokowi Karya Dirut PLN Diluncurkan di Dubai Dalam Bahasa Arab

Senin, 04 Desember 2023 - 09:47 WIB
loading...
Jadi Inspirasi, Biografi Jokowi Karya Dirut PLN Diluncurkan di Dubai Dalam Bahasa Arab
Foto: dok. PLN
A A A
JAKARTA - Jadi inspirasi berbagai kalangan dunia, buku biografi “Jokowi Mewujudkan Mimpi Indonesia” karya Darmawan Prasodjo diterbitkan dalam versi Bahasa Arab. Peluncuran buku dilakukan di sela-sela acara COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab pada Sabtu (2/12).

Buku yang pertama kali diterbitkan tahun 2020 telah diperbanyak dengan berbagai versi bahasa asing. Selain bahasa Inggris, bahasa Korea, kini versi buku ini juga dilansir dan beredar dengan bahasa Arab.

Biografi ini merangkum capaian-capaian Jokowi dalam membangun Indonesia di berbagai bidang, mulai dari membangun pemerataan layanan dasar seperti kesehatan dan pendidikan, pembangunan ekonomi kerakyatan hingga infrastruktur yang menghubungkan jalan-jalan utama di berbagai provinsi sehingga mampu membangun kesejahteraan.

Duta Besar Uni Emirat Arab (UEA) untuk Indonesia Abdulla Salem Aldhaheri menilai buku ini mampu menjadi insight untuk para pemimpin maupun calon pemimpin di dunia. Aldhaheri menilai Presiden Joko Widodo merupakan sosok yang berpengaruh dalam mendorong perekonomian Indonesia.

"Saya sangat kagum dengan visi dan strategi Presiden Joko Widodo dalam menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara yang berpengaruh saat ini. Terutama, menjadi salah satu epicentrum of growth di dunia," ujar Aldhaheri.

Ia berharap kerja sama antara UEA dengan Indonesia akan terus terjalin dengan baik. Berbagai kerja sama akan terus bergulir antara dua negara dan menciptakan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Penulis sekaligus Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan buku ini bukan hanya menggambarkan kisah sukses Presiden Joko Widodo saja, namun juga cerita panjang perjalanan Indonesia menjadi bangsa yang besar. Lewat kepemimpinan heroik Jokowi, Indonesia bisa mencapai posisi yang kuat dan memiliki daya tawar di kancah global.

"Buku ini, merupakan perjalanan kisah heroik dan pengalaman seorang pemimpin besar. Mengupas karakter pemimpin yang mampu membawa mimpi dalam perancangan pembangunan yang solid. Pemimpin yang memiliki keberpihakan kepada rakyat sehingga seluruh program dan kebijakan yang dihasilkan selalu mengutamakan kesejahteraan rakyat," kata Darmawan saat peluncuran Buku Jokowi dalam versi bahasa arab, Minggu (3/12).

Salah satu capaian terpenting kepemimpinan Jokowi adalah membawa Indonesia dalam transisi energi. Darmawan juga mengakui arahan Presiden dalam memperkuat Indonesia menjalankan transisi energi menjadi salah satu langkah akselerasi yang dilakukan oleh PLN.

"Indonesia telah mendeklarasikan peta jalan net zero emissions. Lewat arahan dan bimbingan Presiden, saat ini Indonesia mempunyai Perencanaan Ketenagalistrikan Nasional yang paling ramah lingkungan sepanjang sejarah Indonesia," ujar Darmawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)