PLN UIP JBB-Provinsi DKI Kerja Sama Pemanfaatan Lahan untuk Infrastruktur Listrik

Rabu, 06 Desember 2023 - 13:38 WIB
loading...
PLN UIP JBB-Provinsi DKI Kerja Sama Pemanfaatan Lahan untuk Infrastruktur Listrik
PLN UIP JBB dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta menyepakati kerja sama pemanfaatan lahan pembangunan tapak tower SUTET 500 kV Priok-Muara Tawar dan SUTET 500 kV Duri Kosambi-Muara Karang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Guna memenuhi kebutuhan listrik yang terus meningkat, PT PLN (Persero) terus membangun infrastruktur kelistrikan untuk meningkatkan keandalan kelistrikan. Untuk itu, PLN kerap bekerja sama dengan pemerintah daerah dalam hal pemanfaatan lahan untuk pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Kerja sama tersebut antara lain dilakukan PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (PLN UIP JBB) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam pembangunan proyek Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 500 kV Priok-Muara Tawar dan SUTET 500 kV Duri Kosambi-Muara Karang. Kedua infrastruktur tersebut dibangun untuk memperkuat sistem kelistrikan di Pulau Jawa.



Dalam pembangunannya, terdapat sebanyak 28 titik lokasi yang berada di tanah milik Pemprov DKI Jakarta. Terkait dengan itu, PLN UIP JBB bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta dalam hal pemanfaatan Barang Milik Daerah berupa lahan yang dipergunakan untuk pembangunan tapak tower. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian pemanfaatan lahan, di mana dari 28 titik lokasi yang terlewati, 4 di antaranya dikelola oleh Dinas Pertamanan dan Hutan Kota.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta Bayu Meghantara menegaskan, pihaknya mendukung penuh langkah PLN dalam menyediakan sistem kelistrikan yang andal bagi masyarakat umum. Untuk itu, dia mengungkapkan, ada 4 titik lokasi lahan yang akan dimanfaatkan oleh PLN yang berlokasi di Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

"Lahan yang akan dimanfaatkan oleh PLN UIP JBB tersebar di beberapa lokasi antara lain di Kecamatan Cengkareng, Kecamatan Tanjung Priok dan ada 2 lokasi di Kecamatan Cilincing dengan total luasan sebesar 935 meter persegi," ungkap Bayu dalam keterangan tertulis, Rabu (6/12/2023).



General Manager PLN UIP JBB Defiar Anis menambahkan, penandatanganan perjanjian kerja sama ini merupakan langkah lanjutan setelah rapat koordinasi yang digelar pada Agustus lalu. Defiar pun menyampaikan apresiasinya atas dukungan yang diberikan oleh Pemprov dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta. Dia berharap proyek ini dapat segera dioperasikan sehingga keandalan sistem kelistrikan meningkat.

"PLN UIP JBB dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta sudah sepakat menandatangani perjanjian kerja sama pemanfaatan lahan milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk pembangunan tapak tower SUTET 500 kV Priok-Muara Tawar dan SUTET 500 kV Duri Kosambi -Muara Karang," terangnya.

Defiar menambahkan, dukungan yang diberikan Pemprov DKI Jakarta dan Dinas Pertamanan dan Hutan Kota menunjukkan sinergi dalam mewujudkan listrik terbaik dan andal. "Untuk listrik yang baik dan andal dibutuhkan sinergi dari seluruh pihak, bukan semata tugas PLN. Karena kebutuhan listrik yang semakin berkembang tidak dapat ditunda," tandasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0987 seconds (0.1#10.140)