BRI Targetkan UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2023 Hasilkan Kontrak Rp1 Triliun

Kamis, 07 Desember 2023 - 14:23 WIB
loading...
BRI Targetkan UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2023 Hasilkan Kontrak Rp1 Triliun
Direktur Utama BRI Sunarso. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ( BRI ) kembali menyelenggarakan ajang UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur sebagai sarana business matching antara UMKM Indonesia dengan konsumen luar negeri. Dengan adanya program tersebut diharapkan mampu menumbuhkembangkan pelaku UMKM dan meningkatkan ekspor nasional.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, nilai kesepakatan melalui business matching di ajang UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur pun terus bertambah.

"Bukan sekedar transaksi yang terjadi dari business matching, disini mempertemukan buyer dan mencapai USD80 juta atau sekitar Rp1 triliun," kata Sunarso usai pembukaan UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur 2023, Kamis (7/12/2023).



Sunarso menjelaskan, pada 2019 nilai kontrak yang didapat sebesar USD33,5 juta, naik pada 2020 menjadi USD57,5 juta dan pada 2021 kembali meningkat menjadi USD72,1 juta.

Pada 2021 menjadi sangat menarik karena UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur dilakukan secara virtual akibat pandemi. Kemudian pada 2022 lalu nilainya menembus USD76,7 juta.

Tahun ini, menjadi yang ke-5 penyelenggaraan pameran BRI UMKM EXPO(RT) BRILianpreneur yang tahun ini mengambil tema 'Crafting Global Connection' atau merakit koneksi global.

Di samping economic value creation, Sunarso menjelaskan bahwa event ini juga menjadi perwujudan komitmen BRI untuk meningkatkan social value creation dengan berperan aktif dalam mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas serta kualitas UMKM di Indonesia.



Dengan gelaran ini, diharapkan UMKM dapat membangun kembali kepercayaan diri berani tampil di pasaran mancanegara, dan menguatkan pemasaran di pasar lokal melalui perluasan channel penjualan di platform e-commerce.

"Melalui UMKM EXPO (RT) BRILianpreneur 2023, kami berharap dapat memberikan dampak positif dan meluas pada kemajuan dan pengembangan kapasitas serta kualitas UMKM Indonesia," jelas Sunarso.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)