PLN IP Tegaskan Komitmen Mengakselerasi Dekarbonisasi di COP28

Kamis, 07 Desember 2023 - 17:18 WIB
loading...
PLN IP Tegaskan Komitmen Mengakselerasi Dekarbonisasi di COP28
PLN IP menegaskan komitmennya dalam mengakselerasi dekarbonisasi dalam konferensi tingkat global COP28 di Dubai. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PLN Indonesia Power ( PLN IP ) menegaskan komitmennya dalam transisi energi dan mengakselerasi dekarbonisasi dalam konferensi tingkat global United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC) COP28 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

PLN IP memaparkan pengembangan Carbon Capture Storage (CCS) pada pembangkit listrik sebagai langkah agresif PLN Group mendukung Pemerintah Indonesia mengakselerasi dekarbonisasi dan mencapai Net Zero Emissions (NZE) di tahun 2060.

"Kami bersama PLN berkomitmen penuh untuk mengakselerasi dekarbonasi di Indonesia. Salah satu programnya adalah pengembangan Carbon Capture & Storage (CCS) untuk 19 PLTU batubara PLN, dimana 9 PLTU milik PLN IP, program ini untuk mendukung transisi energi menuju Net Zero Emission 2060," ujar Direktur Utama PLN IP Edwin Nugraha Putra dalam pernyataannya, Kamis (7/12/2023).



Edwin dalam diskusi panel di Indonesia Pavilion menyampaikan, PLN telah melakukan kajian untuk memprioritaskan melakukan retrofit CCS pada pembangkit listrik fosil. Perusahaan juga telah memetakan 19 pembangkit fosil berkapasitas besar serta potensi kapasitas penyimpanan.

"Ke depan PLN akan menjalin kerja sama dengan mitra profesional untuk melakukan kajian teknis lebih lanjut dan melaksanakan uji coba pada pembangkit listrik," jelasnya.



Pihaknya mengusulkan regulasi yang memungkinkan proyek CCS dapat meningkatkan ketersediaan penyimpanan karbon di seluruh negara dan dukungan pendanaan.

"Menjajaki opsi pembiayaan untuk proyek CCS agar layak secara ekonomi bagi industri ketenagalistrikan di Indonesia dengan kombinasi kepemilikan dan pajak karbon," kata dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2114 seconds (0.1#10.140)