alexametrics

Ini Level Tertinggi Harga Minyak Indonesia Sepanjang 2017

loading...
Ini Level Tertinggi Harga Minyak Indonesia Sepanjang 2017
Harga minyak mentah Indonesia (ICP) mencapai level tertinggi di penghujung tahun 2017. Foto: Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Tim Harga Minyak Indonesia Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) merilis, rata-rata Indonesia Crude Price (ICP) naik menjadi USD60,9 per barel pada bulan Desember 2017, naik USD1,56 per barel dari USD59,34 per barel pada bulan sebelumnya.

Angka ini mencetak rekor harga minyak mentah Indonesia tertinggi sepanjang tahun 2017. Kementerian ESDM dalam laman resminya menyebutkan, kenaikan ICP tersebut antara lain dipengaruhi kebijakan Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (Organization of the Petroleum Exporting Countries/OPEC) yang memperpanjang waktu pembatasan produksi minyak mentah hingga akhir tahun 2018.

Seperti yang tercantum dalam publikasi OPEC bahwa produksi minyak mentah dari negara-negara anggotanya pada bulan November 2017 turun sebesar 0,13 juta barel per hari. Sehingga produksi menjadi sebesar 32,45 juta barel per hari. Jumlah produksi minyak di bulan November ini turun dari bulan Oktober 2017 yang sebesar 32,58 juta barel per hari.

Diketahui pula bahwa jalur perpipaan minyak terbesar di Inggris, North Sea Forties yang mengalirkan sekitar 450.000 barel minyak per hari mengalami shut down. Gangguan ini juga turut mempengaruhi meningkatnya harga minyak dunia di penghujung tahun 2017.

Selain itu pula terdapat beberapa Kejadian internasional yang berkontribusi terhadap meningkatnya harga minyak dunia seperti terjadinya ledakan di terminal bus New York Port Authority, aksi mogok kerja buruh minyak Nigeria, meningkatnya penggunaan bensin (gasoline) di Amerika Serikat (AS) saat libur Natal, serta meningkatnya risiko geopolitik di Timur Tengah akibat pernyataan presiden Amerika terkait Jerusalem, serta meningkatnya permintaan minyak mentah di China.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak