Sah! Italia dan China Bercerai dalam Proyek Unggulan Belt and Road Initiative

Jum'at, 08 Desember 2023 - 16:14 WIB
loading...
A A A
Meloni sebelumnya menyebutkan, keputusan mantan pemerintah untuk bergabung dalam Belt and Road Initiative sebagai "kesalahan serius" dan mengindikasikan bahwa dia berpikiran untuk mundur. Tetapi pemerintahnya menekankan, bahwa mereka berusaha untuk menjaga hubungan baik dengan China.

Tercatat hanya sebagian kecil dari investasi senilai 20 miliar euro di Italia yang dijanjikan oleh Xi pada 2019 telah terwujud. Sementara itu ekspor Italia ke China bernilai 16,4 miliar euro pada tahun lalu, dibandingkan dengan 13 miliar euro di 2019.

Sebaliknya, ekspor China ke Italia naik menjadi 57,5 miliar euro dari 31,7 miliar euro selama periode yang sama. Dibandingkan dengan Italia, China berdagang jauh lebih banyak dengan anggota Uni Eropa lain yakni Prancis dan Jerman, meskipun dua ekonomi terbesar zona euro itu tidak menjadi anggota BRI.

Sejak menjabat tahun lalu, Meloni telah berusaha untuk memimpin kebijakan luar negeri yang lebih pro-Barat dan pro-NATO daripada pendahulunya.

Langkah Meloni dilakukan menjelang pertemuan puncak antara Presiden Komisi Uni Eropa Ursula von der Leyen dan Xi pada hari Kamis. Selama pertemuan, von der Leyen diperkirakan akan memperingatkan presiden China untuk mengekang pasokan barang-barang murah termasuk panel surya dan mobil listrik ke Uni Eropa.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1997 seconds (0.1#10.140)