Bisnis dan Sumber Kekayaan Amancio Ortega, Pendiri Zara yang Dinilai Hina Genosida di Gaza

Senin, 11 Desember 2023 - 13:53 WIB
loading...
Bisnis dan Sumber Kekayaan Amancio Ortega, Pendiri Zara yang Dinilai Hina Genosida di Gaza
Amancio Ortega merupakan pemilik dari merek fesyen kenamaan Zara. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Amancio Ortega mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Sosoknya biasa dikenali sebagai pemilik dari merek fesyen kenamaan Zara .

Dalam riwayatnya, Ortega dulunya berasal dari keluarga sederhana. Lahir di Spanyol, ia adalah putra dari seorang pekerja kereta api dan ibu rumah tangga biasa.

Saat muda, Ortega sempat putus sekolah dan memilih bekerja sebagai asisten pembuat pakaian mewah di La Coruna. Bekal tersebut membuatnya memiliki pengalaman terhadap bisnis pakaian.

Bersama istrinya yang bernama Rosalia Mera, Ortega resmi memperkenalkan toko Zara pada 1975 di La Coruna, Spanyol. Seiring waktu, bisnisnya sukses besar dan membuat pundi-pundi kekayaannya meningkat tajam.

Saat ini, Amancio Ortega menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Menurut data Forbes pada Senin (11/12/2023), kekayaannya mencapai USD95 miliar.



Lantas, apa sajakah bisnis dan sumber kekayaan yang dimiliki Amancio Ortega ini? Berikut beberapa di antaranya yang bisa diketahui.

Bisnis dan Sumber Kekayaan Amancio Ortega


1. Inditex Group


Bisnis utama yang didirikan Amancio Ortega adalah Inditex Group. Raksasa ritel tersebut juga berstatus sebagai perusahaan induk dari Zara.

Mengutip laman Investopedia, Inditex meluncur pada 1985. Waktu itu, Ortega juga tengah bersiap untuk meluncurkan merek Zara secara internasional.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4592 seconds (0.1#10.140)