Deretan Tol Milik Jusuf Hamka, Nomor 3 Panjangnya Lebih dari 50 Km

Senin, 11 Desember 2023 - 14:16 WIB
loading...
Deretan Tol Milik Jusuf Hamka, Nomor 3 Panjangnya Lebih dari 50 Km
Ada total tujuh jalan tol yang dibangun oleh perusahaan milik Jusuf Hamka. Foto/Instagram
A A A
JAKARTA - Jusuf Hamka telah dikenal sebagai salah satu pengusaha sukses di Indonesia. Sebagai pemilik PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP), perusahaan tersebut banyak berperan dalam pembangunan jalan tol di Indonesia.

Sampai saat ini, sudah ada total tujuh jalan tol yang dibangun oleh perusahaan milik Jusuf Hamka. Kebanyakan jalan tol yang dibangunnya berada di wilayah Pulau Jawa.

Berikut deretan tol milik Jusuf Hamka yang ada di Indonesia.

7 Tol Milik Jusuf Hamka


1. Tol Waru


Jalan tol yang yang menghubungkan antara Kota Surabaya dengan Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, ini memiliki panjang sekitar 12,8 kilometer. Selain menjadi akses utama dari Bandara, tol ini juga menghubungkan kawasan industri Rungkut.


2. Tol Pelabuhan


Tol Pelabuhan yang telah dibangun sejak 1992 ini memiliki panjang mencapai 13,9 kilometer. Tol yang berada di rute Tanjung Priok hingga Pluit ini juga dikenal dengan nama Tol Ancol atau Pluit.

3. Tol Cileunyi


Jalan tol yang berada di Sumedang ini menjadi jalan terpanjang yang pernah digarap oleh PT Citra Marga Nusaphala. Panjangnya sendiri mencapai 60,3 kilometer dan menjadi jalan lingkar selatan Bandung.


4. Tol Depok


Jalan tol yang kerap disebut Jalan Tol Andara ini menjadi salah satu ruas yang nantinya akan terkoneksi langsung hingga Kabupaten Bogor maupun ruas JORR II. Panjang dari jalan ini mencapai 21 kilometer.

5. Tol Soreang


Jalan Tol Soreang menghubungkan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung. Panjang dari jalan yang berada di Pasirkoja ini adalah 10,5 kilometer dan telah beroperasi sejak tahun 2017.

6. Tol Bogor Outer Ring Road


Tol yang punya panjang sampai 11 kilometer ini adalah total investasi dari ruas jalan tol Bogor Outer Ring Road ini mencapai Rp1,6 triliun dan telah selesai pada tahun 2009 silam.

7. Tol Ir. Wiyoto Wiyono Cawang


Jalan Tol yang merupakan terusan Jagorawi yang menghubungkan Cawang dengan Tanjung Priok ini memiliki panjang 15 kilometer. Jalan ini dibangun di atas ruas Jalan Djakarta Bypass.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)